Home Aneka Hobi Dua Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Sepeda Gunung

Dua Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Sepeda Gunung

by Beverley Kennedy

Selain menyehatkan, bersepeda menjadi solusi mengurangi penyebab polusi udara. Di beberapa kota khususnya di kota-kota besar diupayakan menggalakan aktifitas bersepeda. Salah satu sepeda yang bisa mengakomodasi segala aktivitas adalah sepeda gunung atau mountain bike (MTB).

Selain untuk olahraga, MTB bisa mengakomodasi kebutuhan sekolah, bekerja dan aktivitas lainnya. Jika Anda hendak membeli sepeda gunung, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Kenali Tipe Sepeda

Ada lima tipe sepeda gunung yang bisa Anda jadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Jadi sebaiknya sebelum membeli kenali terlebih dulu tipe sepeda gunung.

  • Tipe Downhill

Tipe Downhill (DH) sepeda yang dirancang agar bisa melaju cepat, nyaman dan aman menuruni gunung dan bukit. Selain itu, dalam kecepatan tinggi sepeda ini bisa menikung dengan stabil dan dilengkapi suspense belakang. Suspense belakang fungsinya adalah untuk meredam jika terjadi benturan. Sepeda ini tidak mengutamakan kenyamanan menganyuh karena di desain untuk turun gunung.

  • Tipe Freefide

Tipe Freefide adalah MTB yang dirancang dapat bertahan menghadapi lompatan tinggi dan medan ekstrim lainnya. Bodinya kuat, namun kecepatannya tidak secepat dan selincah tipe All Mountain, karena bobot sepeda ini lumayan berat. Oleh sebab itu sepeda ini lebih cocok digunakan untuk jarak jauh.

Baca Juga: Info Harga Sepeda Gunung Terbaru

  • Tipe Cross Country

Tipe Freefide (FR) adalah MTB adalah MTB yang dirancang melintas alam yang tidak begitu terjal. Dari segi desain lumayan efisien dan optimal saat dikayuh. Cocok untuk jalanan aspal hingga jalan tanah.

  • Tipe Dirt Jump

Tipe Dirt Jump (DJ) desainnya cocok untuk aktifitas yang mengharuskan melompat tinggi. Bentuk frame sepeda ini biasanya terlihat kokoh dan gaya. Namun terasa berat jika dijalan menanjak. Biasanya untuk keperluan cross country dikombinasikan untuk memperingan komponen-komponen penyusun, seperti: velg, fork atau crank.

  • Tipe All Mountain

Tipe All Mountain (AM) dirancang khusus untuk aktifitas kegiatan di alam dengan medan yang curam. Kelebihan sepeda ini adalah pada ketahanan dan kenyamanan saat dikendarai. Hampir semua jenis tipe sepeda ini menggunakan suspendis depan dan belakang.

Custom Atau Full Bike

READ  TIPS TRAVELING UNTUK IBU RUMAH TANGGA DENGAN ANAK

Kedua faktor tersebut bisanya merupakan pertimbangan pertama saat membeli sepeda. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika membeli model custom Anda bisa memilih sendiri semua komponen penyusun sepeda. Artinya, Anda harus mengerti detail sepeda. Sedangkan jika membeli model full bike, Anda tidak perlu pusing dengan item komponen.

Itulah dua hal yang harus ketahui sebelum membeli sepeda gunung. Selain itu, jangan ragu untuk mencobanya sebelum memutuskan membeli. Jika Anda tidak mengerti seputar sepeda sebaiknya minta saran dan pertimbangkan kepada mereka yang mengerti seluk beluk sepeda untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More