Home Aneka Hobi Daftar Peralatan Panjat Tebing Yang Wajib Anda Ketahui Beserta Fungsinya

Daftar Peralatan Panjat Tebing Yang Wajib Anda Ketahui Beserta Fungsinya

by Beverley Kennedy

Panjat tebing merupakan olahraga di alam yang terbilang ekstrim. Melakukan olahraga ini dibutuhkan persiapan yang matang, baik dari segi fisik maupun peralatan panjat tebing. Karena jika tidak bisa mengancam nyawa. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai peralatan dan fungsinya wajib diketahui oleh para wall climbing atau rock climbing.

Peralatan untuk memanjat jumlahnya lumayan cukup banyak, semuanya memiliki fungsinya masing-masing untuk menjaga keselamatan. Berikut ini adalah peralatan memanjat dan fungsinya yang meski Anda ketahui.

Tali Karmantel

Tali karmantel atau kernmantle rope adalah tali panjat yang wajib ada karena fungsinya adalah sebagai pengaman apabila terjantuh hingga menyampai tanah. Ada tiga jenis caramel, yaitu: statis, dinamis dan semi statis. Masing-masing tali tersebut memiliki kelenturan yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing.

  • Tali statis kelenturannya 15-20%, digunakan saat turun dari ketinggian atau rappleing.
  • Tali dinamis kelenturannya 30%, memiliki daya kejut tinggi sehingga tepat digunakan untuk kegiatan rock climbing atau climbing.
  • Tali semi statis kelenturannya antara statis dan dinamis. Karena karakternya statis dan dinamis selain untuk rappelling dan climbing, bisa digunakan untuk kegiatan rescue.

Hardness

Hardnes adalah alat yang diikat dipinggang, fungsinya untuk menompang tubuh dan sebagai pengaman yang terhubung dengan tali. Berdasarkan bentuknya hardness dibagi menjadi tiga yaitu: seat hardness, chest hardness dan hardness full body.

Carabiner

Carabiner adalah cincin kait yang fungsinya untuk menghubungkan alat yang satu dengan yang lain, contohnya: antara tali dengan pemanjat, tali dengan tali dan anchor dengan pemanjat. Bahannya terbuat dari aluminium alloy yang kuat dan ringan. Kekuatannya terletak pada pen. Jadi jika sekiranya pen sudah longgar jangan digunakan. Berdasarkan bentuknya, carbiner dibagi menjadi dua yaitu carabiner snapgate (tidak berkunci) dan carabiner screw gate atau menggunakan kunci pengaman.

Ascender

READ  Daftar Hewan Peliharaan yang Menjadikan Hidup Anda Lebih Berwarna

Ascender adalah peralatan panjat tebing untuk membantu pemanjat naik melintasi tali. Alat ini akan mengunci jika bebas dan akan longgar jika tidak diberi beban. Berdasarkan pegangannya dibagi dua yaitu:

  • Heandle Ascender : SRT, Ascention dan Petzl Expedition.
  • Non Heandle Ascender : Croll, Petzl Basic dan Gibbs Shunt.

Descender

Descender adalah alat yang digunakan untuk menuruni tali. fungsinya adalah untuk menahan laju alat dengan tali agar tetap menjaga pendaki tidak meluncur bebas. Berdasarkan cara kerjanya, alat ini dibagi menjadi dua yaitu automatis dan manual.

Webbing

Webbing adalahakat yang bentuknya pipih mirip seperti pita. Bahannya terbuat dari nylon, lentur dan tidak kaku. Panjangnya 5 meter dan fungsinya untuk hardness, pengikat tubuh maupun anchor.

Selain peralatan panjat tebing yang sudah kita bahas, masih banyak peralatan lainnya yang tidak kalah penting seperti: hammer, piton, hanger, chalk bag, chock and friend, sepatu dsb.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More