Home Tips Cara Tepat Menentukan Biola yang Sesuai Dimainkan untuk Pemula

Cara Tepat Menentukan Biola yang Sesuai Dimainkan untuk Pemula

by Beverley Kennedy

Jika berbicara mengenai musik memang sangatlah kompleks, banyak hal yang dapat dibahas mengenai jenis musik, teknik bermusik sampai dengan beragam alat musik. Nah, dalam lingkungan masyarakat sendiri permainan dari alat musik biola menjadi salah satu yang populer dan banyak dimainkan. Cara permainan dengan menggesek alat ini memang terlihat sulit tetapi jika Anda sudah mengetahuinya tentu akan menjadi mudah. Untuk pemula Anda bisa memulainya dengan cara mempelajari beberapa teknik dasar terlebih dahulu, dengan begitu permainan atau nada yang Anda hasilkan lebih baik.

Tetapi sebelum mempelajari teknik bermain dengan alat yang di gesek tersebut alangkah baiknya Anda menentukan terlebih dahulu alat yang tepat. Hal ini akan berpengaruh pada cara Anda menghasilkan nada setiap gesekannya. Tidak bisa membeli secara sembarangan, harus memperhatikan beberapa hal yaitu:

  • Lakukan percobaan sebelum membeli.

Jangan pernah membeli alat musik sebelum Anda mencobanya, karena dengan mencoba Anda akan tahu kualitas alat tersebut seperti apa khususnya saat menghasilkan suara. Untuk mendapatkan yang paling tepat Anda bisa mencobanya dalam beberapa kali alat, dan lakukan perbandingan terlebih dahulu.

  • Ajak pemain atau teman ahli bidangnya.

Jika Anda tidak mengetahui mengenai berbagai hal tentang alat musik akan lebih baiknya mengajak teman yang ahli dalam bidangnya. Jika memang tidak ada paling tidak Anda bisa meminta bantuan teman yang mempunyai pendengaran baik terhadap musik. Hal ini tentunya menghindarkan Anda membeli biola dengan harga mahal tetapi kualitas murahan. Tetapi melihat beberapa pengalaman penilaian terhadap satu alat itu kembali lagi pada pribadi masing-masing.

Baca Juga:Simak Beberapa Kunci Nada Pada Biola untuk Anda Sebagai Pemula

  • Jangan berpatok pada harga.

Anda tidak perlu harus malu karena membeli alat musik gesek tersebut dengan harga murah, karena sebagai pemula hal tersebut wajar dilakukan. Karena diawal kualitas suara yang dihasilkan dari alat tersebut tidaklah berpengaruh besar, yang penting adalah teknik yang tepat.

  • Kualitas bahan dan senar.

Kalau Anda menginginkan untuk mempunyai alat musik gesek supaya tahan lama tentunya harus menentukan kualitas yang terbaik dari bahan maupun senar yang digunakan. Jadi bukan hanya suara melainkan keawetan dari bahan dasar alat tersebut. Pada umumnya senar pada alat musik gesek terbagi menjadi 3 jenis dari yang murah sampai dengan yang mahal. Mulai dari baja, sintetis dan juga gut, ketiganya mempunyai hasil suara yang berbeda.

Dan yang paling utama adalah melihat kelengkapan dari alat yang Anda beli tersebut, misalnya dari mulai shoulder rest, tas, rosin, bow atau jenis lainnya. Belilah pada toko kepercayaan Anda supaya bisa mendapatkan kualitas dari alat musik biola seperti yang Anda inginkan. Selain itu juga kemungkinan besar untuk mendapatkan harga lebih murah juga bisa Anda dapatkan.

See also  Kegiatan Camping Tidak Berjalan Lancar Tanpa Peralatan Wajib Berikut Ini!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More