Home Aneka Hobi Cara Pijat Bayi Yang Benar

Cara Pijat Bayi Yang Benar

by Beverley Kennedy

Si kecil bisa mendapatkan banyak manfaat dari pijatan hangat dari tangan Anda. Namun, sebelum memberikan pijat bayi, Anda perlu memerhatikan beberapa hal penting agar pijatan Anda tidak menyakiti tubuh mungilnya.

Melakukan pijat bayi harus dengan penuh kelembutan. Sambil memijat si kecil, Anda dapat bernyanyi atau mengajaknya berbicara agar dia lebih menikmati saat-saat berdua bersama Anda. Selain mendekatkan ikatan Anda dengan buah hati, sejumlah manfaat lain dapat dirasakan olehnya, di antaranya:

  • Jarang menangis.
  • Membantunya tidur pulas.
  • Meningkatkan sirkulasi darah.
  • Melancarkan pencernaan.
  • Dapat membuatnya rileks. Efek ini juga bisa dirasakan oleh Anda.
  • Mendukung perkembangan mental, fisik, dan sosial.
  • Mengurangi rasa sakit gigi saat gigi si Kecil tumbuh.

Persiapan untuk pijat bayi

Siapkan ruangan dengan suhu hangat dan suasana tenang yang akan membuatnya nyaman. Kemudian siapkan handuk atau alas bayi lainnya, baby oil atau minyak zaitun, pakaian bersih, dan popok.

Mulai memijat

Bila kondisi bayi memungkinkan untuk dipijat dan peralatan pijat bayi sudah siap, Anda bisa melakukan pemijatan dengan urutan sebagai berikut:

Tungkai

Anda bisa mulai memberi pijatan dari pangkal paha hingga ke bawah. Area ini bagus untuk memulai sebuah pijatan karena dianggap kurang sensitif. Tuang sedikit minyak zaitun atau baby oil ke telapak tangan, lalu gosok-gosok hingga terasa hangat di tangan Anda. Setelah itu mulai pijat lembut bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis.

Kemudian, lanjutkan dengan memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Saat memijat bagian pergelangan kaki sampai ke jari kaki, Anda dapat memberi sedikit usapan. Lalu beralihlah ke bagian telapak kakinya dan gunakan ibu jari Anda saat memijat bagian ini.

Terakhir, pijatlah jari-jemarinya. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk mengambil tiap jari, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya.

Lengan

READ  Cara Berkebun Dengan Memanfaatkan Pekarangan Menjadi Kebun Mini

Beralih ke bagian lengan, Anda bisa  memulai pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangannya. Saat sampai di pergelangan tangan, putar lembut bagian ini beberapa kali, kemudian pijat telapak tangannya dengan ibu jari Anda. Akhiri sesi ini dengan memijat lembut jari-jemarinya.

Dada

Letakkan kedua tangan Anda di atas jantung si kecil. Lalu pijat lembut ke arah luar dan tekan lembut dadanya dengan telapak tangan Anda. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Kemudian, letakkan satu tangan Anda di bagian atas dadanya, lalu pijat lembut ke arah paha.

Punggung

Posisikan si Kecil dalam keadaan tengkurap, kemudian pijat area tulang belakang leher hingga bokong memakai ujung jari Anda. Akhiri pijat bayi ini dengan pijatan panjang dari bahu hingga kakinya. Setelah itu, Anda bisa memakaikan popok dan baju serta memeluknya. Usai dipijat, si kecil mungkin akan terlelap dengan cepat.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More