Home Aneka Hobi Cara Mudah Menidurkan Bayi Kembar

Cara Mudah Menidurkan Bayi Kembar

by Beverley Kennedy

Beberapa orang mendambakan memiliki bayi kembar karena bisa merawat dua anak atau lebih sekaligus. Terlebih, tingkah mereka terkadang sangat menggemaskan saat saling berebut sesuatu atau bertengkar.

Merawat bayi kembar tentu memerlukan tenaga ekstra karena kita harus merawat dua bayi sekaligus. Orang tua biasanya sangat repot saat berusaha menidurkan keduanya. Bila Anda mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu risau. Mari simak tips berikut ini:

Buat jadwal tidur yang sama

Bila bayi yang satu masih terjaga dan yang satu sudah mulai mengantuk, tentu Anda akan kerepotan karena yang sudah mengantuk tidak akan bisa tidur nyenyak. Oleh karena itu, usahakan agar mereka tidur pada jam yang sama setiap hari agar mereka bisa tidur nyenyak.

Gunakan tempat tidur yang sama

Agar Anda dapat dengan mudah membuat jadwal tidur yang sama, baringkanlah bayi kembar Anda di tempat tidur yang sama. Letakkan keduanya secara berdampingan dan aturlah suhu ruangan agar mereka cepat terlelap. Cara ini juga bisa menumbuhkan kebersamaan diantara keduanya dan saling berbagi dalam beragam hal.

Jika usia bayi kembar Anda mulai memasuki 3 bulan, Anda bisa menempatkan mereka pada dua tempat tidur yang berbeda, karena pada usia ini Si Kecil mulai banyak bergerak dan bisa saling mengganggu tidur masing-masing.

Gunakan satu kamar tidur yang sama

Meski Anda memisahkan tempat tidur bayi kembar Anda, Anda sebaiknya tetap meletakkan mereka dalam satu kamar yang sama. Letakkan kedua tempat tidur tersebut secara berdekatan agar mereka bisa melihat satu sama lain sehingga mereka tenang.

Jangan biasakan menimang sebelum tidur

Bayi memang akan lebih cepat mengantuk usai ditimang dan disuapi. Namun, Anda sebaiknya tidak membiasakannya, terutama bila memiliki bayi kembar. Jika mereka terlihat mengantuk, baringkan mereka di tempat tidur agar mereka belajar tidur sendiri.

READ  Jenis Makanan Hewan Kucing Agar Cepat Gemuk

Perdengarkan ayat suci Al-Quran

Dengan memperdengarkan ayat suci Al-Quran, bayi akan merasa tenang dan dapat tidur nyenyak. Anda bisa memutarkan mp3-nya atau bahkan lebih baik, yakni dengan membacakannya langsung oleh Anda.

Gunakan selimut yang tepat

Sebagaimana kita ketahui, bayi yang berada di rumah sakit sering kali dibungkus oleh perawat dengan menggunakan selimut yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Selimut seperti ini bisa membuatnya tetap hangat, namun tidak membuatnya kepanasan. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Insya Allah bayi akan lebih tenang dan berhenti menangis dan merengek.

Bagaimana? Mudah bukan cara menidurkan bayi kembar? Tapi, jika Anda merasa merawatnya seorang diri terlalu repot, sebelum berpikir untuk menggunakan jasa babysitter, ada baiknya Anda meminta bantuan suami atau keluarga. Ini akan lebih aman dan menenangkan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More