Home Aneka Hobi Cara Merawat Anjing Kampung dan Kelebihannya

Cara Merawat Anjing Kampung dan Kelebihannya

by Beverley Kennedy

Anjing kampung adalah jenis anjing yang banyak dipelihara oleh masyarakat, karena selain harganya murah anjing kampung adalah anjing keturnan asli hutan dan masih merupakan ras asli bukan hasil dari perkawinan antara jenis lainnya. Cara merawat anjing kampung tidak begitu sulit, berbeda dengan perawatan anjing ras diperlukan perlakuan khusus.

Dari segi pesona anjing kampung kalah pesonanya dengan anjing ras seperti husky, herder, bulldog, rotweler dan anjing ras lainnya. Sebab bulu anjing kampung rata-rata tidak cantik dari postur tulangnyapun kurang tegap. Namun tahukan Anda, ternyata anjing kampung memiliki kelebihan. Ingin tahu apa saja kelebihannya, simak urainannya berikut ini:

Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Tidak seperti anjing ras lainnya yang daya tahan tubuhnya tidak sekuat anjing kampung. Anjing kampung memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga jarang terkena penyakit. Karena pada dasarnya anjing kampung adalah anjing liar, hidup dialam bebas sehingga tubuhnya kuat dan tahan penyakit. Walaupun daya tahannya kuat, memelihara anjing kampung harus tetap memberikannya vaksin untuk menghidari penyakit yang datang tiba-tiba.

Tidak Penakut dan Menyukai Kebebasan

Karena merupakan anjing yang hidup di alam bebas, anjing kampung memiliki naluri yang berani atau tidak penakut. Bahkan kepada pemiliknya pun ia tidak takut. Itu sebabnya banyak pemburu yang memilih anjing kampung sebagai anjing pemburu.

Karena biasa hidup di alam liar, anjing kampung tidak suka diam di kandang. Baginya kandang adalah penjara, oleh karena itu anjing kampung yang dikandangkan biasanya akan terus menyalak dan ribut. Ia ingin bergerak dengan bebas.

Baca Juga: Beberapa Hobi yang Menyenangkan

Perawatannya Tidak Ribet

Merawat anjing kampung tidak susah. Bahkan dari segi makanan, anjing ini bisa makan apa saja termasuk makanan sisa. Misalnya: diberi nasi dengan sayur dan tulang ayam. Namun jika Anda ingin memberikan makanan khusus anjing tidak apa-apa asalkan tetap di campur dengan nasi.

Walaupun bulu anjing kampung tidak selebat dan sebagus anjing ras, jika Anda memelihara anjing harus memperhatikan kondisi bulunya dan membersikan bulu dengan rajinmenyikat bulunya. Jika dilakukan perawatan dengan rutin bulunya akan terlihat bersih dan indah. Jangan lupa membersihkan bagian wajah mulai dari mata, hidung, mulut dan telinga.

Melatih Anjing Kampung

READ  Ini Dia Tips Bermain Sepak Bola Agar Cepat Menjadi Pemain Handal

Agar daya ingatnya kuat terutama kepada pemiliknya, ajak latih anjing secara teratur atau mengajaknya bercanda dan bermain. Selalu sebut namanya atau beri ia panggilan rahasia misalnya: dengan siulan, tepukan dan lain sebagainnya.

Itulah cara merawat anjing kampung dan beberapa kelebihannya dibandingkan dengan anjing ras. Untuk mendapatkan anjing kampung sangat mudah. Anda bisa membelinya di toko hewan (petshop) atau membelinya langsung ke penjualnya. Harga anjing kampung  tidak terlalu mahal, sekitar ratusan ribu untuk anakan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More