Home Tips Cara Memilih Makanan Anjing yang Tepat untuk Diberikan

Cara Memilih Makanan Anjing yang Tepat untuk Diberikan

by Beverley Kennedy
Cara Memilih Makanan Anjing yang Tepat untuk Diberikan

Anjing merupakan salah satu binatang peliharaan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. Hal tersebut disebabkan karena hewan berkaki empat tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menjaga rumah, mengembalakan domba namun juga menjadi sahabat manusia. Agar anjing tersebut bisa tumbuh dengan baik, maka anda harus menjaganya dengan baik termasuk memberikan makanan anjing yang tepat.

 Cara Memilih Makanan Anjing yang Tepat untuk Diberikan

Untuk memilih makanan untuk anjing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah usianya. Usia dari hewan peliharaan tersebut akan mempengaruhi nutrisi yang harus diberikan ke anjing. Pada dasarnya, tahapan usia anjing dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Puppy atau anak anjing. Makanan yang diberikan harus memiliki kandungan lemak dan protein sehingga bisa tumbuh dengan maksimal.
  • Anjing dewasa yang usianya 1-6 tahun yang perlu makanan dengan protein dan lemak yang lebih banyak.
  • Anjing senior atau tua yang usianya di atas 6 tahun dan butuh makanan yang punya serat lebih banyak.

Kedua adalah nutrisinya. Makanan anjing yang berbentuk kemasan biasanya sudah dilengkapi dengan tabel kandungan nutrisi yang bisa dilihat. Makanan tersebut juga sudah disesuaikan dengan usia anjing sehingga anda akan lebih mudah untuk memberikan jenis makanan untuk anjing yang tepat. Anda bisa membandingkan antara dog food yang satu dengan yang lainnya untuk tahu jenis makanan yang mana yang sesuai dengan anjing Anda terutama jika anjing Anda memiliki masalah atau penyakit tersendiri ataupun anjing yang sedang hamil. 

Ketiga adalah bahannya. Masing-masing jenis makanan untuk anjing memiliki nutrisi tersendiri dengan bentuk yang berbeda dan bahan baku utama yang berbeda. Anda bisa mencari makanan untuk anjing yang mempunyai sumber karbohidrat yang terbuat dari biji-bijian karena dianggap lebih baik walaupun ada sebagian yang mengemukakan jika biji-bijian akan menyebabkan masalah pencernaan pada anjing. Karena hal tersebut, jika anjing Anda punya masalah pencernaan atau perut yang sensitif, maka hindari jenis makanan dari biji-bijian. Selain itu, pastikan dog food juga memiliki kandungan probiotik dan mineral. 

Keempat adalah jenisnya. Pada dasarnya ada 3 jenis makanan anjing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu: 

  • Makanan kering. Jenis makanan untuk anjing ini memiliki harga yang paling murah dan terjangkau dibandingkan yang lainnya. Ada kandungan protein dan bahan dari sayuran yang bagus untuk anjing. Namun, untuk pemberiannya, Anda perlu menambahkan dengan jenis makanan basah dan mentah agar nutrisi terjaga.
  • Makanan basah punya rasio protein dan lemak yang tinggi namun sayangnya mengandung bahan pengawet walaupun sedikit sehingga kurang bagus jika diberikan terus menerus dan dalam jumlah yang banyak.
  • Makanan mentah umumnya dijual dalam bentuk beku sehingga Anda perlu mengolahnya kembali sebelum diberikan ke anjing.
See also  Mengulas Beragam Keunggulan Membeli IPhone 5

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More