Home Aneka Hobi Cara Membersihkan, Merawat Boneka Berbulu Yang Benar

Cara Membersihkan, Merawat Boneka Berbulu Yang Benar

by Beverley Kennedy

Boneka merupakan salah satu mainan yang banyak disukai oleh anak perempuan, namun tidak sedikit juga anak laki-laki yang memainkan mainan ini. Bahkan tidak sedikit para remaja mengkoleksi boneka. Memiliki mainan yang satu ini harus rajin membersihkan dan merawatnya. Apalagi jika bahannya terbuat dari bulu perlu merawat boneka dengan benar agar tidak rusak, bersih dan tahan lama.

Boneka yang bahannya berbulu seringkali lebih mudah kotor karena terkena debu atau noda sisa makanan atau minuman. Cara membersihkan boneka dari bahan bulu memang sedikit berbeda dan memerlukan perawatan khusus dibandingkan dengan boneka dari bahan lainnya. selain itu cara perawatannya tergantung juga pada tingkat kotornya. Ingin lebih tahu bagaimana cara merawat boneka bahan bulu yang benar? yuk, ikuti tipsnya berikut ini:

Membersihkan Boneka Dari Debu Atau Kotoran Ringan

Jika kotoran yang menempel di boneka hanya debu, Anda tidak perlu mencucinya. Cukup gunakan vaccum cleaner pembersih debu pada seluruh bagian boneka yang kotor. Atau bisa pukul boneka sampai debu yang menempel dan bersembunyi keluar.

Setelah selesai jemur di tempat yang teduh agar boneka tidak lembab. Hindari menjemur boneka di tempat yang banyak debu, karena bisa membuat boneka kontor kembali. Setelah selesai simpan boneka di tempat yang bersih atau bisa dibungkus plastic bening.

Membersihkan Boneka Yang Kotorannya Sedang

Cara membersihkan boneka yang lumayan kotor, caranya bisa seperti cara membersihkan dari debu. Yaitu bisa memukul-mukul boneka atau menggunakan penyedot debu. Jika masih banyak debu yang menempel, bisa gunakan sikat gigi yang masih baru dan bersih. Lalu basahi sikat dengan memberikan sedikit air, lalu sikat bagian yang kotornya.

Jika ternyata kotorannya belum hilang coba kasih sedikit detergen yang cair, lalu sikat kembali. Namun jangan gunakan terlalu banyak air. Setelah selesai dibersihkan, keringkan dengan cara diangin-angin agar cepat kering. Setelah selesai simpan boneka di tempat yang bersih tidak berdebu, atau bungkus dengan plastic yang bening.

Membersihkan Boneka Yang Sangat Kotor

READ  Tanaman Hias Untuk Dekorasi Ruangan

Jika boneka sudah lama tidak dibersihkan atau disimpan ditempat yang berpotensi terkena debu agak sulit membersihkannya. Karena debu yang menempel terlalu lama bisa mengakibatkan kotoran menempel dan susah dibersihkan. Anda bisa mencuci boneka menggunakan mesin cuci atau bisa dikucek secara manual. Jika mencuci menggunakan air bisa menggunakan sarung bantal.

Cara merawat boneka dengan kotoran membandel: masukkan boneka ke dalam sarung bantal lalu ikat rapat. Sebaiknya gunakan sarung bantal warna putih untuk menghindar luntur. Tujuan boneka dimasukkan ke dalam sarung bantal adalah agar bulu-bulu boneka tidak rontok. Masukkan detergen secukupnya pada air lalu masukkan boneka ke dalam mesin cuci, gunakan kecepatan yang paling rendah

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More