Home Tips Cara Melestarikan Mainan Tradisional Di Zaman Modern Saat Ini

Cara Melestarikan Mainan Tradisional Di Zaman Modern Saat Ini

by Beverley Kennedy
Cara Melestarikan Mainan Tradisional Di Zaman Modern Saat Ini

Sekarang ini Mainan Tradisional mulai banyak dilupakan oleh kalangan masyarakat indonesia. karena memang sekaarang ini keberadaan mainan tardisional mulai tergusuroleh kehadiran berbagai mainan modern seperti smartphone, PS dan yang lainnya. Padahal perlu  kalian ketahui bahwa alat elektronik seperti smartphone tersebut tidak cocok apabila dimainkan oleh anak anak karena terdapat banyak sekali konten negative yang terdapat pada smartphone.

Cara Melestarikan Mainan Tradisional Di Zaman Modern Saat Ini

Maka dari itu bagi kalian para orang tua yang memiliki anak kecil ada baiknya apabila kalian tidak memberikan smartphone untuk anak kalian. dan lebih kalian apabila kalian mengenalkan  berbagai Mainan Tradisional kepada anak kalian. karena memang permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya yang harus kita kenalkan kepada para generasi penerus bangsa yaitu anak anak kita.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan permainan tradisional di kalangan anak anak. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai cara melestarikan permainan tardisional ada baiaknya apabila kalian mengetahui terlebih dahulu mengenai macam macam jenis permainan tardisional yang ada di indonesia. beberapa jenis permainan tradisional tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Permainan petak umpet, yang mana permainan ini mulai banyak dilupakan oleh para anak kecil padahal pada zaman dulu petakumpet merupakan salah satu permainan yang mengasikkan.
  • Permainan bola bekel, perlu kalian ketahui bahwa bola bekel merupakan salah satu permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak perempuan di zaman dahulu.
  • Lompat tali, yang mana permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional yang menggunakan karet untuk alat permainannya yang pastinya akan membuat kalian asik dan lupa waktu ketika memainkannya.
  • Congkak, yang mana permainan ini menggunakan alat yang memiliki 12 lubang dan batu untuk memainaknnya
  • Egrang, permainan tradisional yang satu ini pastinya akan membuat kalian lupa waktu ketika memainkanya dan permainan ini merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan.

Itu tadi beberapa jenis permainan tradisional yang ada di indonesia yang perlu untuk dijaga agar tetap lestari dan bisa dinikmati oleh anak anak kita. Dan untuk bisa melestarikan permainan tradisional tersebut berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan permainan tardisional antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Untuk tetap menjaga permaian tradisional tetap eksis maka harus ada perlombaan rutin yang perlu dilakukan setiap ada hari besar terutama saat tangga 17 agustus yang merupakan hari kemerdekaan indonesia.
  • Orang tua harus ┬ámemperkenalkan permainan tradisional kepada anak anaknya
  • Acara TV harus di selingi dengan acara edukasi seputar permainan tradisional
  • Agar permainan tetap eksisi maka mainan tradisionalnya sendiri harus di buat inovasi produk agar lebih menarik minat anak anak untuk memainkannya.

Demikian itu tadi beberapa informasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan Mainan Tradisional yang bisa saya sampaikan semoga informasi tadi bisa bermanfaat buat kalian.

READ  Tipe dan Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More