Home Aneka Hobi Cara Bermain Drum dengan Baik dan Benar yang Perlu Diperhatikan Bagi Pemula

Cara Bermain Drum dengan Baik dan Benar yang Perlu Diperhatikan Bagi Pemula

by Beverley Kennedy

Drum merupakan jantung pada permainan musik band. Oleh sebab itu bermain drum juga tidak boleh sembarangan. Setelah mengenal apa saja komponen drum, maka saatnya melatih cara bermain drum yang baik dan benar bagi para pemula. Apa saja? Ini dia:

  • Duduklah dengan tegak.

Meski sepele, posisi duduk tegak ternyata juga akan berpengaruh pada permainan drum Anda. Karena akan memberikan Anda tenaga tambahan saat berlatih atau bermain drum, terutama dalam waktu yang lama. Menegakkan posisi duduk juga dapat membuat Anda menjangkau seluruh komponen drum.

  • Ibu jari sebagai tumpuan stick.

Tempatkan posisi ibu jari (jempol) pada bagian tengah stik drum. Sisakan bagian belakang agar telapak tangan dapat membuka-tutup untuk membuat stik melayang saat menyentuh drum sehingga tidak perlu banyak tenaga untuk menarik stik drum. Ada 2 teknik memegang stik drum, yang pertama adalah teknik match grip yakni memegang posisi stik lurus untuk memperoleh tenaga yang cukup keras, ini biasa dipakai para drummer band rock, yang kedua adalah teknik traditional grip yaitu memegang stik drum dengan cara agak menyamping dan sedikit lebih lembut untuk menghasilkan suara/tone yang lebih lembut juga.

  • Injak dengan baik pedal drum bass.

Pada dasarnya, permainan drum memiliki 2 bagian penting, yakni bass drum dan juga snare. Sehingga ketukan atau tempo juga harus pas dan penting untuk konsisten. Menginjak drum bass dengan benar juga bagian dari cara bermain drum yang tepat. Beberapa teknik dasar menginjak pedal bass drum di antaranya adalah full kick yakni menggunakan seluruh bagian telapak kaki untuk menemukan sisi yang stabil dalam mengetuk bass drum dan juga half kick atau menggunakan setengah bagian dari telapak kaki dan menekankan engsel lutut Anda sebagai tumpuan.

Baca Juga: Inilah Alat Musik Modern yang Paling Populer dan Mudah untuk Dimainkan

  • Hi-Hat merupakan pengatur tempo.

Pada kaki kiri, mainkan hi-hat dengan baik dan benar. Tidak hanya berfungsi sebagai cymbal, ho-hat juga menjadi pengatur tempo serta ketukan bagi drummer. Ketukan dari hi-hat haruslah jelas dan baik. Berikan ketukan yang stabil, tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Menginjak pedal hi-hat juga ada aturannya sendiri, tentukan open hi-hat pada ukuran 0, ½, ¼, dan 1(full) karena hasil suaranya juga berbeda.

  • Mulailah dari ketukan dasar.

Bagi para drummer pemula, cara bermain drum dari awal adalah dengan memulai dari ketukan yang paling dasar. Mulailah dari ketukan permainan snare semisal single stroke, double stroke, triplets dan sebagainya. Tentu saja dari ketukan tersebut, maka Anda dapat mengatur permainan drum jadi lebih baik lagi. Kemudian baru dilanjutkan dengan mengkombinasikan ketukan kaki kanan Anda pada bass drum dan kaki kiri pada pedal h-hat, lalu tangan kanan pada hi-hat dan tangan kiri Anda pada snare drum.

READ  Menilik Rahasia Olahraga Futsal untuk Para Perempuan yang Perlu Anda Pahami

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More