Home Tanaman Cara Berkebun Dengan Memanfaatkan Pekarangan Menjadi Kebun Mini

Cara Berkebun Dengan Memanfaatkan Pekarangan Menjadi Kebun Mini

by Beverley Kennedy

Siapa bilang berkebun harus memiliki lahan yang luas? Sekarang, bercocok tanam bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan sempit seperti di pekarangan rumah. Ada banyak cara berkebun dengan memanfaatkan pekarangan menjadi kebun mini. Berkebun dengan cara ini sudah menjadi tren sehingga berbagai upaya dilakukan untuk memperoleh info terkait hal tersebut.

Berikut adalah cara menanam sayuran yang bisa diaplikasikan di pekarangan rumah Anda:

  • Kebun Vertikal

Vertikal berarti garis dari bawah ke atas, artinya Anda bisa membuat rak dari kayu yang disusunnya ke atas, atau bisa dengan memanfaatkan rak sepatu yang sudah tidak terpakai. Yang perlu Anda perhatikan adalah jarak antara susunan satu dengan lainnya agar Anda tidak kesulitan merawatnya. Selain itu, upayakan agar tanaman kebun vertikal Anda mendapat sinar matahari yang cukup untuk proses pertumbuhan.

  • Menggunakan Polybag

Cara berkebun ini sangatlah mudah. Anda hanya diminta menyiapkan plastik polybag sesuai dengan kebutuhan. Isi dengan tanah, pupuk organik, bibit lalu Anda bisa mengaturnya sesuai kemauan.

  • Menggunakan Ember atau wadah lainnya

Jika ada ember, baskom, kaleng atau media lain yang tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai pot tanaman. Tentunya ini akan menghemat pengeluaran Anda untuk membeli pot.

  • Menanam di Pagar dan Dinding Rumah

Pasti Anda bertanya-tanya tentang bagaimana menanam tamanan di pagar dan dinding rumah. Simpel saja. Hanya perlu menyiapkan botol plastikbekas yang bisa dimasuki tanaman, selanjutnya Anda bisa menempelkannya pada dinding dengan paku atau pagar rumah Anda sesuai keinginan. Bisa dibuat berbaris atau secara vertikal.

Baca Juga : Cara Berkebun Asik Ala Hidroponik

Nah, setelah mencoba teknik di atas, hal yang lain yang perlu Anda lakukan adalah merawatnya. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat tanaman:

  • Perhatikan tanaman Anda.
See also  Merawat Kucing Persia

Sinar matahari sangat membantu pertumbuan tanaman melalui proses fotosintesisnya. Untuk itu, Anda harus memerhatikan tanaman Anda agar cukup mendapat sinar matahari.

  • Penyiraman. Lakukan proses ini untuk menjaga kelembaban tanah sehingga tanaman tidak akan layu lalu mati.
  • Pupuk (jika diperlukan). Disarankan menggunakan pupuk organik agar terhindar dari zat kimia yang justru dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Berkebun sayuran merupakan hobi yang menyenangkan dan bermanfaat. Hobi ini dapat mengurangi kepenatan selama bekerja. Anda bisa menanam jenis sayuran seperti: cesim, kangkung, bayam, cabe, tomat dll. Keuntungan lain hobi ini yaitu bisa menghemat uang belanja. Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk anggaran harian Anda. Cukup ke kebun mini milik Anda dan memetik tanaman untuk dijadikan sayur. Budidaya tanaman organik dalam bentuk sayur juga dapat menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Selain itu, Anda juga bisa mendapat penghasilan dengan menjual hasilnya ke tetangga di sekitar rumah Anda. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More