Home Hobbies Burung Murai: Burung Kicau Bersuara Indah dengan Harga Fantastis

Burung Murai: Burung Kicau Bersuara Indah dengan Harga Fantastis

by Erin Nuzulia
Burung Murai

Salah satu burung yang memiliki suara indah adalah Burung Murai. Di tahun 1947, Burung Murai pernah terpilih menjadi jenis burung kicau dengan suara paling indah. Di antara bererapa jenis Burung Murai, Burung Murai Batu adalah Burung Murai yang memiliki kicauan suara paling indah di antara yang lainnya. Ternyata, selain memiliki suara yang indah, terdapat beberapa keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh Burung Murai Batu.

Burung Murai Batu, yang memiliki nama latin Copsychus malabaricus, juga memiliki keistimewaan lain yaitu memiliki tubuh indah yang proporsional dan memiliki ekor panjang yang sangat menarik. Hal inilah yang menambah cantik dan elegan Burung Murai Batu. Bagian menarik lainnya adalah ketika Burung Murai Batu jantan sedang tertarik dengan betina, ia akan menari dan mengeluarkan suara kicau burung yang indah. Keistimewaan inilah yang membuat Burung Murai memiliki harga yang fantastis.

Burung Murai

 

Ada beberapa jenis Burung Murai Batu dari berbagai daerah. Penamaan Burung Murai ini disesuaikan dengan asal daerahnya masing-masing, seperti Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Kalimantan, dan berbagai Burung Murai Batu lainnya. Setiap Burung Murai Batu tersebut memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda. Perbedaan karakteristik inilah yang membuat harga Burung Murai Batu berbeda-beda di pasaran.

Burung Murai: Burung Kicau Bersuara Indah dengan Harga Fantastis

  1. Burung Murai Batu Medan

Burung Murai Batu Medan merupakan jenis Burung Murai yang menjadi primadona. Pasalnya, Burung Murai Batu Medan menjadi burung yang paling banyak dicari  orang karena keindahan suaranya. Selain memiliki suara kicau yang indah, Burung Murai Medan memiliki volume yang keras dan memiliki ekor yang panjang, yakni kurang lebih 30 cm. Burung Murai Batu Medan yang cantik dan anggun tersebut memiliki harga yang lumayan tinggi, yaitu 1-2 juta rupiah. Bahkan, untuk Burung Murai Medan dewasa, dibanderol dengan harga 2-3,5 juta rupiah.

  1. Burung Murai Batu Lampung

Burung Murai Batu Lampung merupakan Burung Murai Batu yang agak berbeda dengan Burung Murai Batu lainnya. Burung Murai Batu jenis ini memiliki ekor yang pendek, yaitu sekitar 12-18 cm. Burung Murai Batu Lampung terlihat mungil, namun suara indahnya bersaing dengan Burung Murai jenis lainnya. Tak heran, Burung Murai Batu Lampung menjadi Burung Murai yang tak kalah popular dengan Murai  Batu  Medan. Burung ini memiliki harga 1 juta rupiah untuk ukuran kecil dan 2 juta rupiah untuk ukuran dewasanya.

READ  4 Jenis Tanaman Hias Gantung Tahan Panas Populer

Burung Murai Batu

  1. Burung Murai Batu Kalimantan

Burung Murai Batu Kalimantan atau Burung Murai Batu Borneo merupakan jenis Burung Murai yang populer. Burung Murai Batu ini memiliki penampilan menawan, mental yang baik, serta suara yang lantang. Mirip seperti Burung Murai Batu Lampung, Burung Murai Batu Borneo memiliki ekor yang pendek, yaitu sekitar 13cm. Burung Murai Batu ini memiliki harga yang cukup variatif, mulai dari 400 ribu rupiah hingga 1,7 juta rupiah.

  1. Burung Murai Batu Papua

Burung Murai Batu Papua, atau yang biasa disebut dengan Burung Murai Batu Irian, merupakan Burung Murai Batu memiliki warna yang unik, yaitu berwarna hijau zaitun. Burung Murai Batu Papua juga memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil. Meskipun bentuknya yang kecil, Burung Murai Batu ini memiliki harga sekitar 2 juta rupiah.

Itu tadi adalah beberapa jenis Burung Murai Batu yang ada. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More