Home Food Yuk Kenalan dengan Buah Bidara yang Pohonnya Disebut dalam Al Quran!

Yuk Kenalan dengan Buah Bidara yang Pohonnya Disebut dalam Al Quran!

by Erin Nuzulia
bidara

Apakah kamu sudah tahu tentang pohon bidara? Jika belum tahu, maka bidara atau pohon bidara adalah pohon yang tertulis di dalam Al-Quran. Tanaman yang memiliki nama ilmiah ziziphus mauritiana ini dipercaya dapat mengusir bangsa jin dan berbagai gangguan gaib lainnya.

Pohon bidara sendiri pada dasarnya berasal dari kawasan timur tengah. Namun dengan perkembangan jaman, kini di Indonesia banyak yang sudah menanam sendiri jenis pohon ini. Seperti halnya tanaman lainnya, pohon bidara ternyata juga memiliki buah. Ya, pohon yang secara fisik berdaun kecil-kecil ini bila dirawat dengan baik akan menghasilkan buah yang asam nan manis. Penasaran dengan penjelasan lengkapnya? Yuk simak ulasannya berikut!

  • Rasa buah asam cenderung manis

Jika kamu belum pernah mencoba rasa dari buah bidara, maka buah bidara memiliki rasa asam namun cenderung manis. Selain langsung dikonsumsi secara langsung, buah ini juga kerap dijadikan campuran minuman herbal lainnya.

  • Mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh

Dalam satu buah bidara ukuran sedang, di dalamnya terkandung banyak hal. Kandungan dari buah bidara sendiri antara lain adalah air sebanyak 81.6-83.0 g, tiamin atau vitamin B1 sebanyak 0,02-0,024 mg, riboflavin atau vitamin B2 sebanyak 0,02-0,038 miligram, dan niasin vitamin B3 sebanyak 0,7-0,873 miligram.

buah bidara

Selain itu, buahnya juga mengandung kalsium sebanyak 25,6 miligram, zat besi sebanyak 0,76-1,8 miligram, fosfor 26,8 miligram, karbohidrat 17 sebesar gram, gula 5.4-10.5 gram, lemak 0,07 gram dan yang terakhir adalah protein sebesar 0,8 gram. Beragam kandungan yang diperlukan tubuh ini ada di satu buah bidara loh!

  • Manfaat untuk kesehatan tubuh

Selain memiliki rasa yang unik, manfaat buah bidara juga disinyalir bisa untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati beragam penyakit. Yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan mineral kalsium didalamnya terbukti bisa untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan kandungan ini, buah bidara juga bisa digunakan sebagai asupan tambahan untuk penderita osteoporosis.

Tak hanya untuk kesehatan tulang, kandungan kalsium yang ada pada buah bidara juga bisa membuat gigi kuat dan terlihat putih. Di mana jika kesehatan gigi terus dirawat sejak dini, maka dipastikan saat usia kamu menginjak 50 tahun ke atas, maka gigi kamu tidak akan ompong atau mudah rapuh. Untuk manfaat ini, kamu bisa memotong-motong atau memarut buah bidara lalu menjadikannya minuman dengan menambahkan es batu.

bidara 01

Berikutnya adalah, buah bidara bisa bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan buah bidara memiliki kandungan zat anti inflamasi. Untuk manfaat ini, kamu menumbuk daun bidara terlebih dahulu lalu mengoleskannya pada bagian yang terluka. Untuk jenis luka-luka ringan ataupun luka bakar yang sifatnya ringan, buah bidara bisa digunakan untuk menyembuhkan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa buah bidara memiliki rasa buah yang manis. Rasa manis ini disebabkan adanya kandungan vitamin terutama vitamin C yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat vitamin C yang telah banyak diketahui orang adalah untuk meningkatkan stamina.

Dan yang terakhir, karena buah bidara ini juga memiliki rasa asam alami yang rasanya tidak begitu pekat, maka kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengobati maag di lambung loh.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba buah bidara yang kaya manfaat ini?

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More