Home Tips Berlatih Sepatu Roda dengan Mudah dan Lancar

Berlatih Sepatu Roda dengan Mudah dan Lancar

by Beverley Kennedy
Berlatih Sepatu Roda dengan Mudah dan Lancar

Sepatu roda adalah jenis sepatu yang sudah sangat popular baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Jenis sepatu ini memiliki nama lain roller skate atau rollerblade. Menurut sejarah, di Indonesia sendiri, sepatu jenis ini mulai masuk dan berkembang di masyarakat sekitar pertengahan tahun 1960-an. Sejak itu, kawula muda di sejumlah kota-kota besar sudah mulai menggemari olahraga ini dan kini menjadi bagian dari lifestyle.

Berlatih Sepatu Roda dengan Mudah dan Lancar

Berlatih sepatu roda

Bagi yang belum pernah mencoba secara langsung, mungkin akan beranggapan bahwa menggunakan sepatu roda adalah hal yang cukup mudah. Tetapi jangan salah, untuk seorang pemula hal ini tidaklah mudah. Bahkan untuk berdiri saja mungkin akan mengalami kesusahan. Sebelum memutuskan untuk memulai latihan, sebaiknya Anda memilih sepatu yang berkualitas dan memperhatikan fitur-fitur keamanan yang ada. Sebab, pemula biasanya cenderung jatuh selama berlatih, dan ini bisa menjadi lebih buruk jika sepatu yang dipakai memiliki kualitas buruk.

Langkah-langkah untuk pemula

Bagi Anda yang ingin mencoba tetapi belum bisa, jangan khawatir. Ini dia langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk tahap latihan awal, antara lain:

  • Memakai perlengkapan
  • Sepatu roda, gunakan sambil duduk
  • Kaos kaki, diperlukan untuk menghindari lecet-lecet pada kaki saat berlatih
  • Helm, dimaksudkan untuk melindungi kepala agar terjaga dari cedera
  • Pelindung siku dan lutut
  • Melatih keseimbangan

Bagi pemula, Anda harus berani untuk melatih keseimbangan dengan berdiri. Caranya adalah dengan membuka kaki selebar bahu hingga berbentuk seperti huruf V. Anda bisa melakukan latihan pertama Anda di atas rumput atau karpet agar tidak sakit jika jatuh.

  • Latihan berjalan

Setelah latihan keseimbangan, mulailah untuk berjalan secara perlahan. Langkahkan kaki kanan ke depan, kemudian bergantian dengan kaki kiri. Begitu seterusnya hingga Anda merasa nyaman berjalan menggunakan sepatu roda.

  • Berlatih meluncur

Pola latihan yang selanjutnya setelah keseimbangan dan berjalan adalah latihan meluncur. Tetap dengan posisi pertama, kemudian 1 kaki mendorong dengan posisi di belakang, 1 kaki meluncur dengan posisi di depan. Cobalah langkah ini hingga lancar.

  • Melatih berbelok

Setelah latihan berjalan dan meluncur sudah lancar, cobalah untuk belajar berbelok. Misalnya jika Anda ingin berbelok ke kanan, miringkan tubuh ke kanan, begitu juga saat ingin berbelok ke kiri.

  • Berlatih cara berhenti

Setelah memahami langkah-langkah berjalan dan meluncur, kini Anda juga harus belajar cara untuk berhenti. Caranya yakni dengan menempatkan kaki sebelah kanan sedikit di depan kaki sebelah kiri dan tumit kaki kanan sedikit ditekan. Intensitas tekanan ini mempengaruhi cepat lambatnya roda sepatu berhenti.

Selain langkah-langkah di atas, ada tiga teknik yang tidak boleh dilupakan yaitu latihan maju mundur dengan kombinasi berjalan 5 langkah dan meluncur 1 kali, kemudian saat berhenti lebarkan kedua kaki ke arah kanan dan kiri dan sedikit membungkukkan badan.

READ  Trik Ampuh Agar Baterai di HP Iphone 4 Anda Awet dan Tahan Lama

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More