Home Tips Berikut Adalah 4 Teknik Sederhana untuk Panjat Tebing Bagi Pemula

Berikut Adalah 4 Teknik Sederhana untuk Panjat Tebing Bagi Pemula

by Beverley Kennedy
Berikut Adalah 4 Teknik Sederhana untuk Panjat Tebing Bagi Pemula

Olahraga panjat tebing atau rock climbing memang digemari oleh banyak orang sejak dulu terutama kalangan anak muda. Olahraga satu ini memang cocok untuk siapa saja yang bermasalah dengan koordinasi gerakan badan. Sehingga bisa sekaligus menjadi sarana terapi, namun tetap bermanfaat bagi kesehatan karena ketika dilakukan tubuh akan bergerak dan mengeluarkan keringat. Jantung pun lebih sehat kemudian masih ditambah dengan banyak manfaat lainnya untuk kesehatan Anda. Bagi pemula mungkin melawan rasa takut menjadi tantangan terbesar.

Berikut Adalah 4 Teknik Sederhana untuk Panjat Tebing Bagi Pemula

Teknik Sederhana Memanjat Tebing Bagi Pemula

Agar sukses menaklukkan olahraga yang tergolong ekstrim ini maka bisa mencoba beberapa teknik dasar dan sederhana berikut:

  • Efisiensi tenaga,

Dalam olahraga memanjat sebuah tebing Anda dianjurkan melakukan efisiensi tenaga, jadi jangan bergerak berlebihan sebelum beraksi. Cobalah beristirahat dengan maksimal di malam sebelumnya agar bangun dalam kondisi prima. Bagi pemula dianjurkan memilih tebing buatan sehingga tidak langsung menerjang tebing alami yang rintanganya besar. Keahlian dalam menentukan pijakan tangan dan kaki tentu masih gagap, jadi tebing buatan menjadi relatif lebih aman untuk ditaklukkan.

  • Fokus pada tebing,

Olahraga panjat tebing ini memang efektif meningkatkan dan melatih kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Sebab teknik dasar yang wajib dikuasai bahkan oleh yang pemula sekalipun adalah untuk menjaga fokus. Hindari gugup berlebihan dan lawan rasa takut Anda pada berbagai kemungkinan yang terjadi ketika sudah memanjat sampai di ketinggian. Ketakutan yang tidak nyata ini akan menciutkan nyali sekaligus mengganggu konsentrasi. Tetaplah fokus dengan tebing di depan Anda supaya bisa memanjat dengan baik dan luwes secara alami.

  • Bergerak dengan santai dan luwes,

Saat bergerak mengayuh tangan menggapai pegangan lalu mencari pijakan kaki yang nyaman baiknya tidak buru-buru. Lakukan gerakan secara santai dan tidak perlu takut jatuh karena sudah memakai tali pengaman dan perlengkapan lainnya. Jadi dijamin posisi Anda aman tinggal menata konsentrasi untuk terus bergerak naik. Asalkan bergerak dengan santai dijamin lebih mudah menemukan pegangan dan pijakan yang nyaman. Anda pun bisa sampai puncak lebih cepat, selain bangga dijamin akan ketagihan olahraga ini sehingga semakin rutin dilakukan.

  • Istirahat secara berkala terbilang penting,

Meski dianjurkan fokus memanjat namun bukan berarti musti dilakukan kontinyu tanpa istirahat sejenak. Jika melihat teknik memanjat para pemanjat berpengalaman akan terlihat di beberapa kesempatan mereka memilih berhenti. Meregangkan tangan maupun salah satu kaki, baru kemudian melanjutkan pendakian. Baiknya Anda pun mengatur ritme tubuh agar sempat istirahat sejenak ketika di atas tebing sehingga tangan maupun kaki tidak kram. Perjalanan Anda sampai ke puncak pun lebih lancar, sebab sejatinya olahraga panjat tebing cukup mudah asal tau tekniknya.

See also  Tips Travelling dengan Menggunakan Agen Perjalanan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More