Home Tips Berikut 4 Teknik Mengayuh Sepeda Downhill dengan Baik dan Tepat

Berikut 4 Teknik Mengayuh Sepeda Downhill dengan Baik dan Tepat

by Beverley Kennedy
Berikut 4 Teknik Mengayuh Sepeda Downhill dengan Baik dan Tepat

Anda menyukai sepeda downhill? Jika menjawab iya maka baiknya memilih sepeda yang benar, minimal sesuai dengan kebutuhan dan keahlian bersepeda gunung yang dimiliki. Sepeda jenis ini memiliki bentuk fisik yang sangat sporty dan didesain lebih kecil serta agak ringan karena ditujukan untuk melewati medan yang ekstrim. Kebanyakan pengguna sepeda ini memanfaatkan kondisi jalanan alami di kawasan perbukitan dan pegunungan untuk mendapatkan sensasi pemacu adrenalin dari kegiatan bersepeda, alhasil membuatnya menjadi olahraga ekstrim.

Berikut 4 Teknik Mengayuh Sepeda Downhill dengan Baik dan Tepat

Teknik Bermain dengan Sepeda Jenis Ini

Menjadi kegiatan bersepeda secara ekstrim membuat kegiatan ini dicintai oleh kaum Adam, terutama di kalangan anak muda. akhir pekan dijadikan moment untuk bersepeda gunung di medan favorit demi melepaskan ketegangan, penat, dan stress. Jauh lebih murah ketimbang liburan bukan? Kalau tertarik simak teknik memainkan sepeda jenis ini terlebih dahulu:

  • Mengatur posisi tubuh,

Menggunakan sepeda jenis ini akan lebih nyaman sekaligus aman apabila dalam posisi yang benar, yakni mampu memegang kendali sepeda tersebut dengan baik. Usahakan berdiri tegak dan gunakan kedua kaki sebagai penopang, ketika dikayuh usahakan melihat ke depan.

  • Pastikan sepeda dalam kondisi baik,

Sebelum menikmati aksi ekstrim dengan sepeda downhill baiknya cek dulu kondisi sepeda tersebut. Tentu akan sangat berbahaya jika melewati medan yang ekstrim dan mendadak rem sepeda tidak berfungsi. Kalau sudah begini dijamin Anda akan sengaja menabrakkan sepeda ke pohon, dan belum tentu ada orang yang bisa segera menolong Anda. Maka antisipasi kemungkinan ini dengan memeriksa kondisi sepeda dulu untuk memastikan baik-baik saja agar aman digunakan.

  • Selalu berdiri tegak setiap kali berhenti,

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengguna sepeda jenis ini adalah tidak berdiri tegak pada saat berhenti. Memang setiap kali berhenti tidak menjamin berada di medan yang datar sehingga bisa oleng ke kiri ataupun ke kanan. Namun segera gunakan kaki sebagai tumpuan supaya sepeda bisa berdiri dengan tegak agar tidak mudah terjatuh. Anda pun bisa segera mengayuh sepeda kembali tanpa kesulitan berarti asalkan tadinya berhenti dengan posisi tegak. Jadi, usahakan sigap dalam mengatur posisi kaki saat berhenti.

  • Selalu fokus melihat jalan di depan,
See also  4 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia yang Keberadaannya Sudah Mulai Hilang

Bersepeda akan lebih aman apabila pandangan mata fokus ke depan, sehingga akan menjadi sangat wajib jika mengendarai sepeda jenis ini. Sebab dijamin perlu teknik lebih baik untuk mengendalikan sepeda tersebut agar bisa berjalan dengan baik dan berhenti dengan sempurna. Maka pandangan Anda baiknya dikunci di depan agar bisa segera melakukan gerakan tertentu setiap kali melewati medan yang terbilang sulit. Kalau tidak fokus ke depan maka resiko jatuh saat berada di atas sepeda downhill semakin besar.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More