Home Tips Berikut 4 Ciri Ikan Hias yang Sehat dan Bisa Dipinang

Berikut 4 Ciri Ikan Hias yang Sehat dan Bisa Dipinang

by Beverley Kennedy
Berikut 4 Ciri Ikan Hias yang Sehat dan Bisa Dipinang

Bagi Anda yang sedang mencari hobi atau hewan peliharaan yang ramah perawatannya mungkin jenis ikan hias bisa dijadikan pilihan. Ikan jenis ini cukup beragam mulai dari yang berukuran sangat kecil sampai yang sangat besar sejenis ikan koi. Dalam memilih jenisnya perlu disesuaikan dengan selera dan juga tempat yang bisa disediakan di rumah. Apabila hanya bisa menyediakan akuarium kecil pilih ukuran ikan yang sesuai dengan dimensi akuarium tersebut. Sebaliknya jika bisa membangun kolam ikan, ikan besar aman untuk dipilih.

Berikut 4 Ciri Ikan Hias yang Sehat dan Bisa Dipinang

Ciri-ciri Ikan yang Kondisinya Sehat

Saat sudah menentukan jenisnya dengan segala pertimbangan maka langkah berikutnya adalah memilih ikan jenis tersebut yang kondisinya sehat. Sebab merawat ikan yang sakit hanya bisa dilakukan ahlinya karena butuh ketelatenan dan perlakuan khusus. Berikut beberapa ciri ikan tergolong sehat:

  • Warna tubuh ikan terlihat cerah,

Ikan yang sehat apapun jenisnya bisa dilihat dari warna tubuhnya yang nampak cerah dan enak dipandang. Meski beberapa ikan terlahir albino namun bisa dilihat perbedaannya mana yang sehat dan mana yang tengah sakit. Berhubung ikan untuk hiasan ini biasanya berwarna-warni maka ambil yang paling cerah.

  • Tubuhnya tidak menghasilkan banyak lendir,

Tubuh ikan hias yang sehat selain berwarna cerah juga tidak memproduksi lendir secara berlebihan. Beberapa jenis ikan ini malah tidak menghasilkan lendir sama sekali sehingga permukaan tubuhnya kesat bukannya licin. Kesehatan si ikan ditunjukkan dari kondisi lendir ini karena ketika lendirnya berlebihan artinya kondisi tubuh ikan sedang dalam masa sakit. Cari saja ikan yang tubuhnya tidak terlalu licin sehingga dijamin sehat dan perawatannya mudah

  • Gerakan ikan terbilang lincah,

Sama seperti halnya manusia, ketika dalam kondisi sehat maka tubuhnya akan prima dan menjalankan banyak rutinitas dalam keseharian. Ikan yang sehat umumnya akan berenang kesana-kemari dengan lincah sehingga cari yang memang tidak diam saja. Kecuali untuk jenis ikan yang pergerakannya secara alami lambat semisal ikan Arwana. Selebihnya cari yang lincah sehingga menunjukan jika kondisi tubuhnya fit dan tidak sedang sakit. Merawat ikan yang dari awal sehat tentu lebih mudah karena setelah pindah tempat mereka mudah beradaptasi.

  • Sirip ikan mengembang dengan baik,

Kesehatan seekor ikan untuk hiasan di akuarium ataupun kolam di rumah juga bisa dilihat dari kondisi siripnya. Ikan yang sehat akan memamerkan kesehatan dan keindahan siripnya sehingga nampak mekar atau mengembang dengan sempurna. Sirip ikan yang sehat juga terlihat indah dan tidak memiliki cacat seperti goresan, bekas luka, dan semacamnya. Jadi usahakan memeriksa ikan yang ingin dibeli dengan teliti agar tidak membeli yang sakit. Sebab ikan hias yang sakit mudah mati usai pindah tempat baru.

READ  Langkah Modifikasi Motor agar Tampak Lebih Keren

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More