Home Aneka Hobi Berbagai Peralatan Panjat Tebing

Berbagai Peralatan Panjat Tebing

by Beverley Kennedy

Pemanjat merupakan bagian dari para penggiat alam yang mengeksplorasi dinding tebing terjal sebagai lahan bermain mereka. Menggunakan peralatan yang aman dan mumpuni untuk melakukan kegiatan pemanjatan, rappeling, dan kegiatan lain yang memerlukan berbagai peralatan panjat tebing. Ada beberapa peralatan standar yang perlu diketahui oleh para penggiat sebelum bisa bermain ke tebing. Antara lain adalah:

  • Tali

Tali yang umumnya dipakai untuk panjat tebing adalah tali berbahan nilon jenis kernmantel. Tali kernmantel terdiri dari dua bagian, yaitu bagian inti (kern) dan bagian luar (mantel). Bagian luar tali ini merupakan anyaman yang melindungi bagian inti.

Ada dua jenis kernmantel yang dipakai. Yaitu kernmantel dinamis dan kernmantel statis. Perbedaan kedua jenis ini terletak pada elastisitasnya dan penggunaannya. Kernmantel dinamis mempunyai elastisitas yang besar yaitu sekitar 25% dan digunakan untuk menahan beban pemanjat ketika jatuh. Sedangkan kernmantel statis mempunyai elastisitas yang kecil, kurang dari 10% dan digunakan sebagai alat bantu pemanjatan (ascending) dan untuk menuruni tebing. Tali dari kedua jenis tersebut mampu menahan beban seberat 2000 kg (untuk diameter 11 atau 12 mm).

  • Harness

Salah satu peralatan pelengkap yang penting adalah harness. Alat ini dirancang agar beban pemanjat tebing yang jatuh dan tergantung di tali tidak memetahkan pinggangnya. Selain itu harness dirancang untuk memberikan bantuan maksimal bagi pemanjatan artifisial.

  • Carabiner

Carabiner terbuat dari bahan baja alloy (campuran baja dengan alumunium). Ada dua jenis carabiner yang dikenal dalam panjat tebing, yaitu carabiner screw gate dan carabiner snap gate. UIAA (Union Internationale des Associations d’Alpinisme) yang berkedudukan di Jenewa, Swiss memberikan ketentuan bahwa sebuah carabiner yang baik dan aman harus mampu menahan beban seberat 2.200 kg (pintu tertutup) atau 1.200 kg (pintu terbuka) searah dengan poros utamanya. Sedangkan searah dengan poros kecil (poros pendek), sebuah carabiner harus kuat menahan beban seberat 600 kg.

  • Piton

Piton adalah sepotong logam yang dibentuk agar berfungsi sebagai pasak di sebuah celah tebing. Dengan perantaraan karabiner, piton yang telah tertancap sempurna dapat menahan berat seberat 2.000 kg.

Baca Juga: Mengenal Peralatan Panjat Tebing beserta Fungsinya

  • Chock dan Friend

Chock adalah sebuah alat dalam pemanjatan tebing yang dimasukkan ke celah batu dengan jari tangan sehingga terjepit dan dapat menahan beban dari arah tertentu. Bagi sementara pemanjat tebing, penggunaan chock terasa lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan piton. Alat ini tingan dan mudah dipasang atau dilepaskan, dan kadang-kadang memberikan pengaman yang lebih baik daripada piton (misalnya pada batuan lepas atau batuan serpih).

Seringkali pemanjat tebing tak bisa menemukan ukuran chock yang tepat untuk pelbagai celah batu, kendati dia telah membawa sejumlah chock pilihan. Chock memang tidak dapat digunakan di setiap celah batu. Berdasarkan keterbatasan ini, maka diciptakanlah sebuah alat penjepit yang disebut friend. Kelebihan dari alat ini adalah kemampuannya menyesuaikan ukuran bentuknya agar bisa digunakan pada berbagai celah batu.

  • Palu Tebing

Palu tebing disini berfungsi untuk menancapkan piton oleh pemanjat leader, dan juga untuk melepaskan piton oleh pemanjat terakhir.

  • Sling

Sling merupakan tali yang berbentuk melingkar terbuat dari kawat baja maupun kernmantel berdiameter sedang yang berfungsi untuk menghubungkan pengaman (misalnya piton) dengan karabiner.

  • Helm

Beberapa pemanjat tebing memang mempunyai naluri untuk menghindarkan kepala dari benturan ketika sedang jatuh. Tetapi ada juga yang tidak mempunyai naluri atau kebiasaan itu. Untuk menanggulangi ini, seseorang pemanjat tebing dianjurkan untuk memakai pelindung kepala, sehingga helm menjadi peralatan panjat tebing yang penting untuk dimiliki.

Beberapa peralatan panjat tebing diatas merupakan peralatan standar untuk melakukan pemanjatan, dengan standar keamanan yang sudah diakui secara internasional maka keamanan alat yang digunakan oleh para penggiat kegiatan panjat terjamin. Semoga ulasan singkat mengenai peralatan panjat ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan informasi tentang alat panjat tersebut.

READ  5 Teknik Bermain Gitar Fingerstyle Ala Sungha-Jung

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More