Home Aneka Hobi Berbagai Alat Musik Tradisional Khas Jawa yang Terkenal di Dunia

Berbagai Alat Musik Tradisional Khas Jawa yang Terkenal di Dunia

by Beverley Kennedy

Jawa tengah merupakan salah satu provinsi padat yang ada di pulau Jawa, mempunyai ibu Kota Semarang yang sekarang ini menjadi salah satu kota terkenal. Banyak hal yang istimewa di Jawa tengah, salah satunya alat musik tradisional yang sudah mendunia. Saat ini banyak sekali turis asing yang pergi ke Indonesia hanya untuk belanja alat musiknya. Bahkan di beberapa festival musik dunia banyak musisi Indonesia yang mewakili untuk bermain alat musik di negara orang. Tidak hanya sekali bahkan sudah beberapa kali Indonesia meraih penghargaan di acara dunia karena ciri khas alat musik yang dibawakannya.

Ada yang belum tahu ada apa saja alat musik kuno yang merupakan ciri khas dari daerah Jawa tengah? Berikut ini beberapa jenis alat musik yang banyak digemari warga turis asing, antara lain:

  • Gamelan.

Siapa yang tidak mengetahui alat musik yang mendunia ini, banyak warga negara luar negeri berada di Indonesia hanya untuk mempelajari kesenian alat musik Jawa ini. Gamelan sendiri merupakan ensemble musik yang menonjolkan matalofon, gendang, gong, gambang dan lainnya. Gamel merupakan bahasa jawa yang berarti memukul atau menabuh. Secara tidak langsung alat musik satu ini dapat dimainkan dengan cara memukulnya. Satu keseruan bunyi yang dihasilkan dapat membuat orang jatuh cinta karena sangat selaras dan serasi.

  • Angklung.

Sebenarnya alat musik tradisional satu ini merupakan ciri khas dari Jawa barat, namun tidak ada salahnya jika membahas ini dalam alat musik khas Jawa. Beberapa komunitas pemain angklung sudah banyak mewakili beberapa kali acara besar yang ada diluar negeri. Bahkan bisa dikatakan ini merupakan salah satu alat musik Indonesia yang sangat terkenal di mancanegara. Dan mulai tahun 2010 bulan November telah secara resmi ditetapkan UNESCO sebagai karya agung warisan budaya lisan dan non bendawi manusia dari Indonesia

  • Bonang.

Alat musik satu ini terbuat dari logam-logam mentah yang diolah seperti kuningan, besi atau lainnya. cara memainkan alat ini cukup dengan memukul dengan alat khusus yang terbuat dari bambu. Yang telah dikenal masyarakat sendiri ada 2 jenis boning yang pertama yaitu boning barung dan boning penerus, keduanya hanya berbeda pada ukurannya saja.

Baca Juga: 4 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia yang Keberadaannya Sudah Mulai Hilang

  • Demung.

Selanjutnya ada alat musik yang menjadi salah satu keluarga dari gamelan, ini merupakan sarong yang mempunyai ukuran besar. Tidak berbeda jauh dengan bonang, demung juga mempunyai dua jenis yang berbeda dan perbedaan dari keduanya ada pada ukuran. Cara memainkannya juga sama yaitu memukul sesuai nada yang ada, perpaduan suara yang dihasilkan dari kedua jenis demung dapat menjalin nada yang sangat menarik dan bervariasi. Sampai sekarang alat musik tradisional satu ini masih sering digunakan di beberapa acara musik jawa.

 

READ  Tanaman Hias Untuk Dekorasi Ruangan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More