Home Aneka Hobi Berbagai Alat Musik Gesek yang Menarik untuk di Mainkan

Berbagai Alat Musik Gesek yang Menarik untuk di Mainkan

by Beverley Kennedy

Mungkin orang awam pun telah paham jika berdasarkan cara memainkannya alat musik terbagi menjadi 4 yaitu alat musik gesek, alat musik tiup, alat musik pukul dan juga alat musik petik. Dari kesemua alat musik tersebut mempunyai bentuk, ukuran, desain dan juga suara yang dihasilkan berbeda-beda. Namun, dari banyaknya alat musik tersebut dari yang digeseklah jumlah alat musiknya paling sedikit. Seperti yang diketahui sangat jarang sekali pertunjukan alat musik yang cara memainkannya dengan di gesek baik itu musik modern ataupun musik tradisional.

Alat yang cara memainkannya di gesek itu berarti menghasilkan suatu bunyi melodis jika terjadi gesekan antara busur sebagai alat dan juga dawainya. Berikut ini beberapa contoh alat musik dengan cara di gesek untuk menghasilkan suara antara lain:

  • Biola.

Untuk alat musik pertama ini tentu masyarakat sudah tidak asing lagi, alat ini sering digunakan dalam beberapa pertunjukan musik jazz, orchestra, pop dan juga tak ketinggalan untuk musik melayu. Alat ini dilengkapi dengan dawai 4 yang telah diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan interval nada yang indah ketika di gesek. Di Indonesia sendiri sudah banyak, namun dari sekian banyak pemain tersebut didominasi oleh para pemain wanita yang dikenal dengan sebutan violinist

  • Contre bass atau double bass.

Mungkin ada yang pernah melihat alat musik serupa dengan biola tetapi mempunyai ukuran yang lebih besar. Ya, alat musik gesek tersebut sering disebut dengan nama contre bass atau double bass. Umumnya alat ini juga sering digunakan dalam beberapa pertunjukan seperti jazz, orchestra atau lainnya yang sering jadi satu dengan biola. Seperti namanya alat musik ini dapat menghasilkan bunyi nada yang rendah dan sering juga dipetik untuk menghasilkan suara. Untuk di Indonesia alat ini memang tidak begitu dikenal baik, tetapi di negara-negara luar alat ini selalu di mainkan dalam sebuah pertunjukan musik.

  • Viola.

Namanya tidak beda jauh dengan biola karena memang pada kenyataannya alat musik tersebut mempunyai kesamaan bentuk atau wujud. Namun, perbedaan terdapat pada ukuran dan juga nada yang dihasilkan. Biasanya viola mempunyai ukuran yang lebih kecil dan dapat menghasilkan nada yang lebih berat atau rendah dibandingkan dengan biola.

Baca Juga: Macam-macam Alat Musik Gesek Lengkap dengan Pengertiannya

  • Cello.

Untuk masyarakat Indonesia mungkin tidak begitu mengenal baik alat musik satu ini, tapi di negara Eropa cello wajib ada dalam setiap pertunjukan musik klasik. Merupakan satu keluarga dengan biola tetapi mempunyai ukuran yang lebih besar dan tidak lebih besar dari double bass.

  • Rebab.

Orang Indonesia tentu tidak asing dengan alat musik yang sering digunakan dalam beberapa pertunjukan kesenian Betawi. Alat musik gesek ini merupakan alat musik yang berasal dari jazirah arab. Sering digunakan dalam pertunjukan musik gamelan juga untuk melengkapi nada yang dihasilkan.

READ  Inilah Alat Musik Modern yang Paling Populer dan Mudah untuk Dimainkan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More