Home Aneka Hobi Belajar Dasar-dasar Menjadi Seorang Pemain Drama

Belajar Dasar-dasar Menjadi Seorang Pemain Drama

by Beverley Kennedy

Drama merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang dengan berbagai peran dan di tonton oleh banyak orang. Biasanya dilakukan diatas panggung dengan berbagai adegan, sama halnya dengan film pada tv demikian halnya dengan aksi panggung ini. Seorang pelakon atau pemain yang memerankan salah satu karakter haruslah sesuai dengan peran dan dapat menyampaikan pesan dengan baik.

 

Oleh sebab itu sebelum menjadi seorang pemeran, maka beberapa istilah dalam drama haruslah diketahui terlebih dahulu sebagai dasarnya. Berikut adalah beberapa istilah dasar dalam sebuah aksi panggung diantaranya:

 

  • Naskah adalah sebuah tulisan yang memiliki sebuah cerita dan tokoh didalamnya sebagai bahan bagi pemeran untuk mengenali karakter tokoh yang diperankan.
  • Plot merupakan alur cerita, alur ini harus dapat tertata dengan baik sesuai naskah supaya pesan yang disampaikan dapat tepat sampai kepada penonton.
  • Dialog merupakan percakapan antar tokoh, dalam berdialog haruslah jelas dan menggunakan intonasi yang pas. Seperti ketika sedang marah, suara tegas dan sedikit meninggi dan ketika sedang sedih suara terdengar sendu.
  • Blocking merupakan kedudukan pemeran diatas panggung. Posisi seorang pemeran haruslah benar supaya tidak membelakangi penonton dan membuat beberapa bagian set tidak terlihat.
  • Seimbang, diatas panggung pemeran tidak terlihat mengelompok dalam satu sisi dan barang-barang diatas panggung disusun dan diatur seimbang supaya tidak memberi kesan berat sebelah.

Baca juga : Inilah Fakta Dibalik Alasan Masyarakat Menggilai Drama Korea

Beberapa istilah diatas masih dasar untuk seseorang mempelajari sebuah drama. Mengenal istilah dalam aksi panggung akan membuat pemeran aba-aba sutradara selama latihan ataupun kode saat berperan diatas panggung. Biasanya saat memerankan sebuah tokoh, seseorang harus benar-benar masuk dalam karakter si tokoh walaupun berbeda dengan karakter asli pemeran. Contohnya, seorang anak muda harus memerankan tokoh kakek, maka pemeran tokoh harus terlihat menjadi seorang kakek dengan tubuh bungkuk suara sedikit serak kecil dan batuk-batuk yang didukung dengan make up dan kostum untuk kakek yang berumur lansia.

 

Sebagai pemeran tentunya perlu memiliki beberapa hal dibawah ini:

 

  • Percaya diri, saat berada diatas panggung jangan terlihat gugup.
  • Bacalah naskah, memahami baik naskah dan tokoh yang diperankan.
  • Menguasai karakter tokoh yang diperankan, dengan melakukan beberapa kali latihan.
  • Latihan bersama teman, supaya dapat berlatih berkomunikasi dengan baik dan bertukar pikiran tentang karakter tokoh yang diperankan.

 

Jika ingin menjadi seorang pemain drama yang hebat tentunya perlu memperhatikan hal-hal diatas supaya saat tampil diatas panggung tidak terjadi kesalahan. Apabila selama melakukan aksi panggung terdapat kesalahan maka pemeran harus pintar dan cerdik mengembalikan kondisi ke semula, biasanya ini untuk pemeran yang sudah terlatih. Namun, tidak ada salahnya melakukan penyelamatan aksi panggung supaya tidak lari dari naskah tertulis dan mengimprovisasi naskah juga perlu dilakukan dalam situasi tersebut agar penampilan tetap berjalan lancar.

 

READ  Sistem Pertandingan Konfederasi FIFA 2017

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More