Home hobi masak Begini Cara Agar Bumbu Masak Ayam Cepat Meresap

Begini Cara Agar Bumbu Masak Ayam Cepat Meresap

by Beverley Kennedy

Adakah yang tidak suka daging ayam? Rasanya tidak ada ya. Selain karena harganya yang cenderung terjangkau, daging ayam mudah diolah ke dalam berbagai menu. Apa menu favorit kamu? Kari ayam? Oh kalo itu favorit saya juga, hehe.. Namun, tidak jarang yang kecewa karena bumbu kari ayam hanya terasa pada kuah dan bagian luar dagingnya saja. Padahal, bagi sebagian besar orang, masakan ayam sempurna rasanya bila bumbu dan rempahnya benar-benar meresap sampai ke bagian dalam daging. Jadi, bukan hanya enak di permukaannya saja. Setuju? Kalau iya, berarti kamu wajib baca cara agar bumbu masak ayam lebih cepat meresap di bawah ini.

  1. Buat potongan ayam jadi lebih kecil

Sebelum diolah, ada baiknya kamu memotong ayam menjadi beberapa bagian kecil terlebih dahulu. Selain bisa membantu agar bumbu lebih meresap, cara ini juga bisa memudahkan kamu untuk mengonsumsinya nanti.

 

  1. Kerat daging ayam

Supaya bumbu bisa lebih meresap pada daging ayam, kamu bisa coba mengerat (mengiris tipis-tipis) permukaan daging ayam yang sudah dibersihkan dengan pisau yang tajam.

Kerat beberapa garis saja pada permukaan daging ayam agar bumbunya bisa lebih meresap. Hati-hati ya, jangan terlalu dalam atau terlalu banyak mengerat agar daging ayam tidak mudah hancur ketika diolah

 

  1. Marinate (rendam) ayam dalam racikan bumbu

Karena daging ayam cenderung agak tebal, maka tidak heran jika bumbu sulit meresap ke dalam daging. Maka dari itu, tidak cukup dengan cara dilumuri, coba juga rendam ayam dalam racikan bumbu sebelum digoreng.

Diamkan dan simpan ayam yang sudah dimarinasi dengan racikan bumbu dalam kulkas selama 30-60 menit. Semakin lama proses marinasi, semakin meresap bumbu ke bagian dalam daging.

READ  Tips dan Trik Belajar Memasak yang Enak, Mudah dan Cepat untuk Para Pemula

 

  1. Ungkep ayam sebelum digoreng

Ungkep (merebus ayam bersama bumbu) dalam panci berukuran cukup agar seluruh permukaan ayam terendam air, namun tidak berlebihan. Hati-hati, meng-ungkep ayam dengan air yang terlalu banyak juga akan membuat daging ayam tidak renyah saat digoreng, bahkan hancur.

Selama proses ungkep, pastikan kamu menggunakan api kecil saja selama 30-45 menit. Dan menutup panci agar aroma dan rasa lebih terkunci. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa gunakan panci presto.

  1. Bumbu yang Halus

Hal ini berlaku terutama jika kamu melakukan teknik keempat (ungkep ayam). Pori-pori dalam ayam akan membesar apabila sedang terkena panas, maka dari itu, penggunaan bumbu yang halus akan memudahkan bumbu untuk meresap ke dalam daging ayam. Takaran bumbu dapat ditentukan masing-masing individu sesuai dengan keinginan, namun perlu diperhatikan untuk tidak memberikan bumbu yang terlalu sedikit dan juga terlalu banyak agar rasanya pas. Bila bumbu yang diberikan terlalu sedikit, bumbu yang meresap otomatis akan lebih sedikit dan bisa jadi tidak memberikan rasa yang cukup. Namun, bila bumbu yang digunakan terlalu banyak akan membuat rasa jadi terlalu kuat sehingga enek. Gunakan bumbu secukupnya sesuai dengan kebutuhan dan selera.

 

  1. Gunakan Api Kecil dalam Memasak

Penggunaan api kecil sangat disarankan untuk proses penyerapan bumbu ayam, karena dengan api yang kecil dipastikan ayam akan matang secara perlahan namun merata. Selain itu, proses masak secara perlahan juga memungkinkan bumbu meresap hingga ke tulang ayam. Hal ini bukan hanya berlaku pada proses ungkep ayam, tapi proses memasak ayam secara keseluruhan.

 

  1. Panaskan Air Sebelumnya

Untuk proses penyerapan yang lebih sempurna, terutama dengan teknik ungkep, lebih baik siapkan air dan bumbu yang sudah dimasak terlebih dahulu. Proses penyiapan air dan bumbu boleh dilakukan dengan api yang besar, tapi saat ayam dimasukkan ke dalam, idealnya api diubah menjadi api kecil untuk proses penyerapan bumbu yang maksimal ke dalam daging ayam.

READ  Resep Sederhana Membuat Biskuit Kucing yang Bisa Anda Coba di Rumah

 

  1. Gunakan Tutup Panci

Masih berkaitan dengan teknik ungkep. Dalam proses penyerapan bumbu oleh ayam, air dan bumbu akan banyak menguap, uap ini mengandung sari-sari bumbu. Apabila kita tidak menutupnya dengan tutup panci, sari-sari ini akan menguap dan ayam pun kehilangan rasanya.

 

Itulah 8 tips agar masakan ayam buatanmu punya cita rasa yang sempurna!

 

Oh iya, tentang menu ayam favorit kamu, kamu bisa liat resepnya di sini ya >> https://review.bukalapak.com/food/resep-kari-ayam-ini-punya-cita-rasa-rempah-yang-sulit-ditolak-10989

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More