Home Tips Beberapa Tips Merawat Tanaman dengan Baik dan Benar

Beberapa Tips Merawat Tanaman dengan Baik dan Benar

by Beverley Kennedy
Beberapa Tips Merawat Tanaman dengan Baik dan Benar

Aktivitas manusia melingkupi berbagai hal mulai dari bekerja, sekolah, interaksi dengan lingkungan hingga bertamasya. Semua aktivitas yang dilakukan tersebut harus memiliki porsi yang seimbang. Salah satu kegiatan yang bermanfaat dan membuat hati lebih bahagia adalah berkebun. Tidak hanya memberikan ilmu dan pengalaman tetapi menjadi sebuah hiburan dikala aktivitas yang padat. Ada beberapa tips merawat tanaman agar menghasilkan kebun yang tumbuh subur diantaranya:

Beberapa Tips Merawat Tanaman dengan Baik dan Benar

Sinar Matahari yang Merata

Tanaman sangat membutuhkan sinar matahari untuk membantu proses fotosintesis baik yang diletakkan diluar maupun di dalam. Anda harus mengetahui kebutuhan sinar matahari pada tanaman Anda secara ideal. Pada umumnya di kebun buah dan sayur membutuhkan sinar matahari langsung kurang lebih 6 jam, sedangkan untuk tanaman biasa sekitar 3-4 jam.

Teknik Penyiraman Air yang Tepat

Tips merawat tanaman berdasarkan jenis tanaman yang dimiliki dapat menentukan teknik penyiraman air yang digunakan. Pastikan untuk mengetahui kadar kebutuhan air yang diperlukan. Jika tanaman Anda kekurangan air akan mengakibatkan kekeringan dan mati, sedangkan jika terlalu banyak justru membuat akar tanaman membusuk. Berikut ini tips umum dalam teknik penyiraman yaitu:

  1. Lakukan pada pagi atau malam hari agar suplai air yang cukup saat siang hari
  2. Siram tanaman ke beberapa bagian dan jangan fokus pada bagian tertentu saja
  3. Jangan menyiram daun terlalu basah
  4. Jangan sampai tanaman Anda tergenang air agar tanaman cepat rusak.

Meminimalisir Pupuk Kimia

Tips merawat tanaman selanjutnya yaitu memastikan bahan perawatan yang berkualitas tinggi seperti penggunaan pupuk organik. Tidak disarankan menggunakan pupuk kimia karena akan membahayakan pertumbuhan tanaman dan khusus jenis sayuran akan mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan manusia.

Suhu dan Kelembapan yang Sesuai

See also  Melukis Menggunakan Cat Air Terasa Lebih Mudah Jika Anda Melakukan Hal Ini!

Semua jenis tanaman membutuhkan suhu dan kelembapan yang tepat agar dapat tumbuh dengan baik. Anda harus mengetahui kadar yang dibutuhkan tanaman Anda dengan cara bertanya atau membaca hingga browsing di internet. Anda juga bisa menggunakan alat bantu humidifier untuk jenis tanaman berhumuditas tinggi.

Pemberian Nutrisi

Kebutuhan nutrisi utama yang harus ada adalah fosfor, nitrogen, magnesium, potassium, sulfur dan kalsium. Salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi tersebut adalah rajin mengganti tanah secara berkala.

Antisipasi Hama dan Penyakit

Tips merawat tanaman dapat dilakukan dengan mengantisipasi hama dan penyakit sejak dini. Cara yang dapat dilakukan seperti:

  1. memastikan kualitas tanah tetap terjaga dengan cara pemberian nutrisi organik
  2. membuat rotasi tanaman, maksudnya yaitu menanam beberapa jenis yang berbeda dalam satu musim
  3. Optimalisasi kondisi dan lokasi tanaman
  4. Bersihkan rumput liar atau ilalang yang tumbuh.

Jaga Kebersihan

Tips merawat tanaman yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar tanaman khususnya hindari sampah plastik atau bahan-bahan yang sulit terurai.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More