Home Aneka Hobi Beberapa Fakta Menarik Tentang Kucing Persia

Beberapa Fakta Menarik Tentang Kucing Persia

by Beverley Kennedy

Dengan ciri khas wajah bulat, tubuh gempal, dan bulu panjang yang indah, kucing Persia merupakan salah satu ras kucing yang paling dikenal di dunia. Berikut ini beberapa fakta tentang kucing cantik ini.

  1.  Asalnya oleh-oleh

Seperti kebanyakan ras kucing, asal-usul kucing Persia masih misteri. Menurut beberapa sumber, kucing berbulu panjang telah ada di Timur Tengah selama ribuan tahun, meskipun penelitian menunjukkan bahwa kucing ras ini memiliki genetika yang sama dengan kucing dari Eropa Barat.

Meskipun tidak ada yang tahu betul kapan atau bagaimana dunia menemukan kucing Persia, cerita yang paling populer adalah kucing mewah berbulu ini diperkenalkan ke Eropa Barat oleh orang Italia bernama Pietro della Valle. Della Valle adalah seorang bangsawan terkenal yang berkelana ke seluruh wilayah Tanah Suci, Timur Tengah, Afrika Utara, dan India. Pada tahun 1620, della Valle berkunjung ke Persia, yang sekarang dikenal sebagai Iran, dan terpesona dengan kucing abu-abu berbulu panjang yang eksotis yang ia lihat di sebuah bazaar. Dia membeli empat pasang kucing tersebut, dan membawanya pulang ke Eropa. Tentu saja, para pelaut, wisatawan, atau pedagang mungkin juga membawa kucing ini dari Timur Tengah ke Eropa.

  1. Kucing pertama yang tampil dalam kontes kucing pertama di dunia

Lebih dari 250 tahun kemudian, kucing Persia menggemparkan London saat ras ini dipamerkan pada kontes kucing resmi pertama di dunia pada tahun 1871 di Crystal Palace. Pameran sehari ini juga menampilkan kucing Siam, kucing Liar Skotlandia, dan kucing Manx, serta kucing eksotis lainnya. Kontes ini menarik lebih dari 20.000 pengunjung, membuktikan bahwa kucing sudah populer jauh sebelum zaman Internet,. Dan siapapun tidak akan terkejut bila kucing Persia memenangkan kategori “Best in Show.”

Baca Juga: 5 Fakta Unik Tentang Kucing Persia

  1. Sangat disukai di Amerika
See also  4 Jenis Sepatu Roda Terunik di Dunia

Suatu hari setelah tahun 1895, kucing Persia dibawa ke Amerika Serikat. Pada tahun 1906, Cat Fanciers’ Association dibentuk di Amerika, dan ras Persia merupakan salah satu kucing yang terdaftar pertama kali. Kini, ras Persia merupakan salah satu kucing yang paling populer di Amerika Serikat.

  1. Sangat disukai oleh tokoh-tokoh terkenal

Sepanjang sejarah, banyak tokoh terkenal yang memelihara kucing Persia. Florence Nightingale seumur hidupnya memiliki 60 kucing, dan sangat memanjakan kucing ras Persia besar yang dinamai Mr. Bismarck. Marilyn Monroe memiliki kucing ras Persia putih bernama Mitsou. Dan Raymond Chandler kabarnya membacakan draf pertama novel-novelnya di hadapan kritikusnya yang paling cerdas, seekor kucing ras Persia hitam bernama Taki.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More