Home Tips Baru Mencoba Diving? Jangan Lupa untuk Mengetahui Beberapa Istilah Pentingnya Berikut Ini!

Baru Mencoba Diving? Jangan Lupa untuk Mengetahui Beberapa Istilah Pentingnya Berikut Ini!

by Beverley Kennedy

Masing-masing individu pastinya menyukai hal yang berbeda, baik itu kegiatan, tempat yang dikunjungi, dan lain sebagainya. Sekarang ini, masyarakat Indonesia cenderung menyukai tempat yang memiliki pemandangan yang indah, salah satunya adalah pantai. Hal ini dikarenakan Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki berbagai macam pantai yang begitu indah. Disana, Anda bisa melakukan banyak hal, seperti misalnya bermain pasir, bermain air di pantai, hingga melakukan divingKegiatan yang satu ini merupakan kegiatan yang dianggap sangat menyenangkan karena Anda dapat menikmati secara langsung keindahan bawah laut dan juga biota laut yang begitu menakjubkan. Meski pun kegiatan ini boleh dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda yang masih pemula, namun Anda harus didampingi oleh yang ahlinya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa teknik dasar dan juga istilah yang sering digunakan ketika melakukan kegiatan tersebut, seperti:

 Baru Mencoba Diving? Jangan Lupa untuk Mengetahui Beberapa Istilah Pentingnya Berikut Ini!

  • Buddy Diver

Istilah pertama yang harus Anda ketahui adalah Buddy Diver, atau yang sering disebut sebagai teman melakukan kegiatan menyelam tersebut. Hal ini sangat penting bagi para pemula karena meski terlihat mudah, kegiatan ini memiliki resiko yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika melakukannya akan lebih baik jika Anda ditemani oleh seorang buddy diver yang memang sudah handal serta berpengalaman demi keselamatan Anda. Pastikan untuk menggunakan atau menghadirkan buddy diver ini. 

  • Mask Clearing

Selanjutnya, Anda juga diharuskan mengetahui istilah yang satu ini karena merupakan salah satu teknik terpenting. Teknik ini mengharuskan Anda mengeluarkan air yang masuk ke dalam alat menyelam atau masker. Cara tersebut bisa Anda lakukan dengan menghembuskan udara ke masker dan memegang bagian atasnya. Dengan demikian, air pun akan keluar dari bagian bawah masker. Teknik ini tentu sangat penting untuk Anda ketahui jika ingin melakukan diving dengan nyaman.

  • Side Roll

Anda juga harus mengetahui teknik dan juga istilah yang satu ini, dimana Anda diharuskan masuk ke air dengan posisi duduk dan harus sejajar dengan kapal yang dinaiki. Setelahnya, Anda harus berguling ke arah samping. Biasanya, metode menyelam yang satu ini dipergunakan pada kapal yang sedang berjalan saja. Lakukan hal ini jika Anda ingin tetap aman dan juga merasa nyaman ketika sedang menyelam, tentunya didampingi oleh para ahli. 

  • Alternate Air Souce

Masih banyak istilah-istilah penting lainnya yang harus Anda ketahui dalam melakukan diving, salah satunya adalah alternate air souce yang merupakan udara cadangan yang biasanya digunakan saat menyelam. Alat ini biasanya terpasang pada rompi menyelam dan memiliki warna kuning. Biasanya Anda harus mengetahui signal atau mengetahui timing kapan harus menggunakan alat bantuan ini. Biasanya, Anda diharuskan untuk selalu berjaga-jaga ketika menyelam dan menyediakan alat ini.

READ  Peralatan Wajib yang Harus Ada dalam Permainan Olahraga Bass Ball

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More