Home Sports Bahaya Tendon Achilles: Inilah 5 Cedera yang Sering Dialami Atlet Basket

Bahaya Tendon Achilles: Inilah 5 Cedera yang Sering Dialami Atlet Basket

by Erin Nuzulia
Tendon Achilles adalah

Setiap pekerjaan pasti mengundang resiko. Tidak terkecuali atlet bola basket. Olah raga yang menuntut pergerakan dan stamina yang prima tersebut membuat pemainnya rentan terkena cedera baik ringan maupun parah. Mulai dari cedera hamstring sampai tendon Achilles. Berikut adalah 5 jenis cedera yang sering dialami oleh para atlet basket baik amatir maupun professional:

Tendon Achilles 1

Bahaya Tendon Achilles: Inilah 5 Cedera yang Sering Dialami Atlet Basket

Cedera Lutut

Cedera lutut dapat terjadi akibat benturan, kelelahan otot, ataupun kesalahan ketika mendarat. Cedera ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian tempurung lutut. Salah satu pebasket professional yang pernah mengalami cedera lutut ialah Stephen Curry. Bintang NBA asal klub Golden State Warriors tersebut mengalami cedera lutut dan menyebabkan adanya sedikit kerusakan pada ligamennya.

Sprained Ankle

Bola basket merupakan permainan yang sering menuntut para pemainnya untuk melakukan lompatan. Pendaratan yang tidak sempurna setelah melompat dapat meningkatkan resiko cedera pada bagian pergelangan kaki. Sprain ankle atau yang biasa kita sebut dengan keseleo pada bagian pergelangan kaki tersebut sangat rentan menimpa para pemain basket.

Sprained ankle menimbulkan memar pada bagian pergelangan kaki dan menghambat pergerakan serta keseimbangan. Cedera ini dapat digolongkan kedalam cedera yang cukup serius. Seperti cedera pada tendon achilles, sprained ankle membutuhkan perawatan khusus serta tahap rehabilitasi dalam proses penyembuhannya. Penanganan yang salah dapat menybabkan komplikasi bahkan terancam kehilangan karir profesional.

Cedera Jari

Pada 2019 lalu, Kyle Terrell Lowry batal memperkuat timnas Amerika Serikat pada ajang piala dunia yang pada saat itu akan diadakan di Tiongkok. Hal itu disebabkan karena pemain Toronto Raptors yang berposisi sebagai point guard tersebut mengalami cedera pada ibu jarinya.

Cedera pada jari tangan memang sangat rentan untuk dialami oleh para pemain basket. Hal ini dapat terjadi ketika sedang melakukan rebound, dribble, atau menerima umpan. Perhitungan yang tidak pas dapat membuat jari terbentur dengan bola basket dan menyebabkan cedera.

Cedera ACL

ACL merupakan kependekan dari anterior cruciate ligament. Cedera ACL sering terjadi dalam berbagai jenis olah raga, tak hanya pada bola basket saja. Cedera ini merupakan momok bagi para atlet.

ACL merupakan ligament yang menghubungkan tulang kering dengan tulang paha bagian bawah. Ligamen berfungsi untuk menjaga kestabilan lutut. Atlet yang mengalami cedera ini harus melakukan operasi karena ACL tidak dapat melakukan regenerasi. Cedera ACL terjadi biasanya bukan karena atlet yang bersangkutan mengalami kontak atau benturan, melainkan karena kerja otot yang terlalu berat.

Cedera ini pernah dialami oleh salah satu pemain andalan LA Lakers, De Marcus Cousins pada saat pra musim NBA 2019 lalu. Pemain yang memiliki julukan Boogie tersebut mengalami cedera ACL ketika tengah melakukan latihan pribadi di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Tendon Achilles adalah

Cedera Tendon Achilles

Cedera yang satu ini cukup menjadi momok bagi para atlet basket profesional. Pasalnya, selain proses penyembuhan yang dapat memakan waktu sampai berbulan-bulan. Proses ara pemain yang mengalami cedera ini biasanya mengalami penurunan performa permainan.

Tendon achilles adalah otot yang berada pada bagian tumit hingga ke betis. Otot ini sangat vital bagi pergerakan kaki seperti untuk berjalan, berjinjit, dan melompat. Mendiang Kobe Bryant pernah harus mengakhiri musimnya lebih cepat akibat cedera ini. Hal itu terjadi pada NBA musim 2013-2014 ketika klub yang dibela Kobe, LA Lakers menghadapi Golden State Warriors.

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More