Home Tips Atasi Masalah Gila Shopping dengan Cara Tepat dan Mudah Berikut Ini!

Atasi Masalah Gila Shopping dengan Cara Tepat dan Mudah Berikut Ini!

by Beverley Kennedy

Sebagai wanita yang sangat hobi dengan belanja sebenarnya wajar saja, seperti sudah bawaan naluri dari lahir. Tetapi yang akan membuat kewajaran tersebut bermasalah adalah kurang dapat mengontrol diri sendiri sampai dengan gila shopping setiap harinya. Walaupun penyakit seperti itu sekarang ini tidak hanya hinggap di perempuan saja tetapi banyak juga pria yang suka dengan belanja. Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti itulah yang tidak dapat dibiarkan dan diteruskan. Mungkin kalau masih sendiri dan penghasilan cukup tidak masalah tetapi kalau sudah berkeluarga itu merupakan salah satu kegiatan yang harus dihilangkan karena mengganggu finansial.

Orang yang suka bahkan gila dengan belanja lebih dikenal dengan shopaholic, beberapa pendapat mengatakan bahwa itu merupakan salah satu bentuk penyimpangan. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah yang sama lebih baik untuk segera mencari cara mengatasinya. Berikut ini ada beberapa tips dan dapat Anda lakukan sebagai penanganan masalah gila belanja yaitu:

  • Pilih teman yang hemat.

Kebiasaan Anda gila dengan belanja akan semakin menjadi-jadi jika Anda memilih teman yang mempunyai hobi yang sama. Bahkan dari Anda yang tidak suka dengan belanja saja tetapi teman bermain mempunyai hobi belanja pasti akan tertular. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut Anda dapat memilih teman yang tepat. Dalam hal ini bukan dimaksudkan dalam pertemanan saling memilih tetapi bisa hanya sekedar membatasi diri saja dari teman yang sangat gila dengan berbelanja.

  • Hindari jalan-jalan.

Niatan dari awal yang hanya pergi ke pusat belanja untuk sekedar jalan-jalan bisa saja berubah dengan belanja. Maka dari itu hindari window shopping untuk meminimalisir nafsu belanja Anda muncul. Hal ini dapat dilakukan bukan hanya dari teman tetapi juga pengontrolan dari diri sendiri untuk melakukan kegiatan tersebut.

  • Move on dari diskon.

Sebagai perempuan jika sudah melihat kata diskon di pusat perbelanjaan pasti akan beralih menjadi ganas. Hal ini memang bukan suatu masalah besar tetapi kembali lagi perlu adanya pengontrolan dari dalam diri sendiri. Jika Anda tidak bisa move on dari yang namanya diskon tentu saja penyakit shopaholic tidak akan teratasi begitu saja.

  • Buat daftar belanja.

Cara selanjutnya adalah dengan membuat daftar belanjaan dan kebutuhan Anda setiap bulan. Perhitungkan dengan budget yang Anda miliki jangan sampai memaksakan kehendak untuk tampil up-to-date lalu berbelanja gila-gilaan.

Sebenarnya selain dari cara-cara diatas masih banyak cara lain yang dapat membantu Anda mengatasi masalah gila belanja. Misalnya saja batasi penggunaan kartu kredit, batasi uang cash, hindari tempat perbelanjaan, selalu berfikir kedepan. Jika Anda hanya menuruti hawa nafsu untuk shopping setiap hari tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi keperluan perempuan yang setiap harinya selalu muncul model terbaru, itu merupakan salah satu penyebab masalah finansial kedepan Anda.

 

READ  Cara Merawat Kucing dan Jenisnya

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More