Home Aneka Hobi ASUPAN UNTUK PERKEMBANGAN BAYI SEHAT

ASUPAN UNTUK PERKEMBANGAN BAYI SEHAT

by Beverley Kennedy

Memberikan asupan untuk perkembangan bayi sehat memang harus dilakukan rutin, sehingga perkembangan bayi semakin sehat dari hari ke hari. Jangan sampai masalah ini dinomor-duakan dibandingkan masalah lainnya. Ketika Anda diberikan titipan anak oleh Tuhan, ketika itu pula Anda harus menjaga dan merawatnya. Nah, untuk mengetahui jenis asupan apa saja dan diberikan ketika bayi berumur berapa saja, akan Anda ketahui di bawah ini.

USIA BAYI 0-6 BULAN

Untuk usia bayi 0-6 bulan, sangat disarankan agar ibu memberikan bayinya hanya ASI saja. Jangan berikan makanan apapun selain ASI. Kalau ingin ditambahkan supplement untuk perkembangan otak dan jantung, tidak apa diberikan saat usia 4 bulan. Hanya saja, harus diperhatikan juga supplement seperti apa yang diberikan pada bayi tersebut.

Jangan sampai supplement yang dikatakan baik, tapi tidak memiliki uji coba klinis secara sempurna dikasihkan begitu saja ke bayi. Jika terjadi, dikhawatirkan akan memiliki dampak serius pada bayi. Sebab itulah asupan untuk perkembangan bayi sehat benar-benar harus diperhatikan oleh masing-masing orangtua.

Larangan keras pada ibu yang tidak ingin memberikan ASI hanya karena alasan pribadi yang tidak penting. ASI adalah hak bayi dari usia 0 sampai 24 bulan.

USIA BAYI 6-12 BULAN

Di usia setelah 6 bulan, bayi sudah harus diberikan asupan selain ASI. Ini yang dinamakan dengan mpasi. Yaitu, makanan tambahan untuk diberikan ke bayi. Dalam memberikan mpasi, Anda bisa memilih mpasi yang instan dan mpasi yang dibuat secara langsung. Karena dibuat secara langsung dan tidak membutuhkan waktu lama penyimpanan, mpasi yang kedua dikategorikan sebagai mpasi lebih sehat tentunya.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Bayi 6 Bulan

Andaikan waktu Anda tidak cukup untuk memberikan mpasi yang dibuat secara langsung, Anda bisa mencampurkan pemberian asupan tersebut. Misalnya, jika pagi Anda bisa membeli secara langsung mpasi bubur bayi yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran atau ayam, maka Anda bisa memberikan mpasi instan siang dan malam. Lalu berikan mpasi yang langsung dibuat berupa buah-buahan seperti papaya atau alpukat yang dihaluskan.

Perhatian ketika Anda memberikan mpasi pada bayi Anda, jangan sampai diberikan dengan bentuk makanan yang keras. Mpasi harus benar-benar lunak, sehingga bayi Anda bisa mengunyahnya. Biarkan bayi Anda mengunyah dan menelannya perlahan-lahan, jangan sampai memaksakan harus habis dalam hitungan sepersekian menit saja.

Kalau dalam usia ini, anak Anda membutuhkan tambahan susu selain ASI, maka bisa diberikan susu formula. Meskipun tentu saja, ini hanya menjadi alternatif terakhir. Bagaimanapun yang sangat dianjurkan untuk usia ini adalah ASI dan mpasi yang dibuat secara langsung. Tidak ada bahan pengawet di dalamnya, kesehatan bayi pun akan jauh lebih baik. Andaikan, harus memberikan asupan, maka jangan lupakan untuk memberikan supplement tinggi antioksidan.

Semoga penjelasan singkat di atas mengenai asupan untuk perkembangan bayi sehat menjadi informasi yang Anda butuhkan.

READ  Tips Modifikasi Dengan Budget Super Murah

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More