Olahraga Sepeda Downhill Ternyata Memberikan 4 Manfaat Ini!

Bisa jadi selama ini Anda sudah terbilang jago naik sepeda di trek yang rata dan lurus, mengapa tidak mencoba trek yang lebih menantang? Misalnya menikmati aktifitas sepeda downhill yang termasuk olahraga ekstrim sekaligus menantang. Anda akan menjumpai medan yang bentuknya bervariasi sehingga memberikan tantangan yang berbeda-beda setiap kali menikmati olahraga ini. Kalau berniat menikmatinya pastikan sepeda Anda memang cocok untuk aktifitas offroad karena memang kurang mendukung kalau memakai sepeda model biasa.

Manfaat dari Aktifitas Bersepeda Ekstrim

Sepeda adalah jenis kendaraan manual karena bergerak dengan cara dikayuh memakai tenaga pengendaranya, berbeda dengan motor yang bergerak dengan mesin. Sehingga termasuk kegiatan olahraga dan beberapa jenisnya termasuk ekstrim, seperti bersepeda offroad yang ternyata memberi manfaat sebagai berikut:

  • Olahraga sekaligus rekreasi,

Lokasi untuk menikmati olahraga sepeda offroad ini bukanlah di jalan raya, melainkan di pegunungan, perbukitan, atau sejenisnya. Sehingga ketika Anda mencobanya dijamin bukan hanya menikmati olahraga saja melainkan pemandangan sekitar. Tidak salah kalau olahraga offroad ini juga disebut sebagai kegiatan rekreasi, sehingga satu kegiatan memberi dua manfaat sekaligus. Mengapa Anda tidak kunjung tertarik mencobanya?

  • Melatih tubuh secara menyeluruh,

Trek yang biasa, tidak memiliki tantangan karena memang rata dan lurus membuat tubuh bergerak secara terbatas. Hanya sedikit bagian tubuh yang bergerak dan terlatih selama kegiatan bersepeda tersebut. Maka cobalah sensasi sepeda offroad atau downhill yang dilakukan di alam bebas dengan medan yang tidak menentu karena terbentuk secara alami. Anda akan mengayuh sepeda dengan kecepatan bervariasi bergantung kondisi medan dan ternyata melatih tidak hanya fisik, namun mental atau psikis Anda.

Baca Juga:Berikut 4 Teknik Mengayuh Sepeda Downhill dengan Baik dan Tepat

  • Kemampuan koordinasi tubuh akan meningkat,

Perlu diakui bahwa ketika menikmati sepeda offroad ini setiap detiknya adalah tantangan karena dihadapkan pada kondisi jalan yang berbeda-beda. Pada detik ini mungkin perlu mengayuh sepeda kesayangan dengan kecepatan tinggi namun beberapa detik ke depan perlu dikurangi, kemudian dipercepat lagi, dan terus berulang. Aktifitas seperti ini ternyata baik untuk meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh sehingga antara pikiran dengan gerakan tubuh sejalan. Dampaknya tentu baik untuk menikmati pekerjaan ataupun aktifitas lain di luar olahraga.

  • Meningkatkan stamina,

Manfaat dari latihan sepeda offroad dengan latihan fitnes di sebuah gym ternyata beda tipis, sehingga berdampak baik bagi mental dan stamina tubuh. Bergerak secara aktif mengayuh sepeda dan sesekali berdiri lalu duduk kembali di dudukan sepeda membuat tubuh membakar kalori dalam jumlah banyak. Ditambah otak terus berpikir keras menemukan solusi melewati medan sulit di depan mata sehingga perlahan stamina tubuh akan mengalami peningkatan. Kalau Anda ingin bugar dan bahagia maka nikmati aktifitas downhill secara rutin.

Related posts

3 Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula

Kamu Punya Masalah pada Tumit? Coba Krim untuk Tumit Pecah yang Recommended!

Begini Cara Agar Bumbu Masak Ayam Cepat Meresap

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Read More