Home Tips Alat Musik Tradisional Indonesia Harus Tetap Dilestarikan

Alat Musik Tradisional Indonesia Harus Tetap Dilestarikan

by Beverley Kennedy
Alat Musik Tradisional Indonesia Harus Tetap Dilestarikan

Sebagai negara yang memiliki banyak suku, tidak heran jika Indonesia memiliki kebiasaan yang berbeda dalam berbagai hal. Mulai dari bahasa, adat, hingga lata musik. Selain memiliki keberagaman masyarakatnya, Indonesia juga memiliki banyak sekali alat musik tradisional yang sudah seharusnya harus terus dilestarikan.

Alat Musik Tradisional Indonesia Harus Tetap Dilestarikan

Alat musik tradisional Indonesia perlu dilestarikan agar tidak punah, dan hilang begitu saja. Selain itu juga, alat musik tradisional juga diajarkan pada generasi muda agar mereka menyadari betapa pentingnya menjaga warisan para pendahulu. Banyak sekali alat musik tradisional Indonesia yang memprihatinkan karena hampir tidak ada yang melestarikannya. Karena alat musik tradisional juga bisa dijadikan sebagai identitas suatu suku.

Banyak sekali macam – macam alat tradisional yang ada di Indonesia. Seperti halnya angklung yang berasal dari Jawa Barat. Hebatnya, alat musik tradisional yang satu ini sudah mendunia dan juga populer. Alat musik yang terbuat dari bambu ini biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan lagu, wayang dan kesenian lainnya. Namun kini tidak sedikit musik – musick modern juga memanfaatkan alunan angklung dalam musik mereka.

Bukan hanya angklung, ada juga alat musik kolintang yang berasal dari Sulawesi Utara. Lebih tepatnya lagi kolintang ini berasal dari Minahasa. Alat musik tradisional ini jika dipukul akan mengeluarkan alunan suara yang sangat indah.

Lalu ada alat musik tradisional Aramba. Alat musik ini berasal dari daerah Sumatera khusunya daerah Nias. Alat musik ini terbuat dari bahan kuningan. Aramaba ini mirip dengan gamelan. Cara memainkannya juga dipukul dan bentuknya memiliki tonjolan di bagian atasnya. Namun bedanya dengan gamelan, Aramba ini diletakkan dengan cara digantung. Alat musik ini biasanya digunakan untuk acara – acara tertentu, seperti acara pernikahan atau juga upacara – upacara adat.

Alat musik tradsional dari Indonesia juga ada yang cara memainkannya dipektik, yaitu kecapi. Alat musik tradisional ini memiliki cukup banyak senar yang dikaitkan dengan kayu berbentuk segi empat yang tidak simetris.

Semua alat – alat musik tradisional yang seperti apa bentuk dan cara memainkannya haruslah terus dilestarikan dan dijaga. Bukan hanya agar tidak punah, tetapi juga untuk melestarikan warisan para pendahulu. Kalau bukan generasi muda yang meneruskannya lalu siapa lagi?

Alat –alat musik tradisional sebenarnya juga tidak kalah keren dengan alat musik modern, hanya saja perkembangan teknologinya yang berbeda.

Indonesia ini bukan hanya kaya akan kondisi alamnya, tetapi juga adat dan kebudayaan masyarakatnya. Alat musik tradisional yang ada juga sebagai bentuk kreatifitas yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia zaman dulu karena ini membuktikan bahwa kesenian memang sudah mendarah daging pada masyarakat Indonesia. Selain itu, alat musik tradisional juga sebagai identitas. Maka, sangatlah penting alat –alat musik tradisional tetap dijaga dan dilestarikan.

See also  Keberadaan Dokter Hewan Profesional Sangat Penting untuk Para Pecinta Hewan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More