Home Aneka Hobi Alat Musik Dalam Sebuah Band

Alat Musik Dalam Sebuah Band

by Beverley Kennedy
Alat Musik Dalam Sebuah Band

Anda pasti pernah mendengarkan musik atau lagu The Beatles, Coldplay, Dewa, Gigi ataupun yang lainnya. Dan anda pasti menikmati ketika mendengarnya. Itu karena harmonisasi dari komposisi nada dan bunyi dari beberapa alat musik yang dimainkan. Alat musik dalam sebuah band memang sangat krusial. Ketika alat – alat ini saling mengisi dalam membangun suatu komposisi yang diciptakan dengan baik, maka karya itulah yang anda nikmati.

Alat Musik Dalam Sebuah Band

  • Gitar

Dalam sebuah komposisi lengkap sebuah band, terdapat 3 gitar yang berbeda fungsinya yaitu :

  • Gitar melodi

Bentuknya sama saja dengan gitar yang dua lagi. Yang membedakan adalah fungsinya. Gitar ini berfungsi sebagai pengisi ruang kosong dengan komposisi nada atau dikenal dengan melodi. Gitar ini terlihat sangat dominan atau menonjol dengan  suara melodinya. Kadang terdengar gahar, kadang juga sangat melodius. Meskipun juga kadang berfungsi sebagai pengiring walaupun bukan fungsi utamanya.

  • Gitar rhythm

Sebenarnya jenisnya sama saja dengan gitar melodi dari bentuk jumlah senar. Tapi fungsinya yang berbeda. Alat musik yang satu ini berfungsi sebagai pengirim. Bila gitar melodi cenderung memainkan not pernot, maka rhytm lebih memainkan grip kunci. Walaupun tidak menutup kemungkinan  untuk memainkan nada not per not, tapi dalam porsi yang sangat minimal sekali karena memang fungsinya bukan pemberi melodi. Tapi tentu saja pada akhirnya tergantung komposisi dari musik yang dimainkan. Meskipun suaranya tidak sedominan gitar melodi tapi keberadaannya sangat diperlukan untuk mengisi kekosongan sepanjang komposisi musik.

Baca Juga:Menilik Perbedaan Alat Musik Pianika dan Piano

  • Gitar bass

Secara bentuk mungkin sama dengan gitar lainnya tapi jumlah senarnya yang berbeda. Memang banyak juga yang jumlah senarnya ada 6 sama seperti gitar lainnya. Tapi pada umumnya jumlah senarnya ada 4, diambil dari 4 senar teratas dari gitar biasa. Tapi meski sama dengan 4 senar teratas gitar lainnya namun besarnya senar berbeda. Gitar bass mempunyai senar yang lebih besar dari senar gitar lainnya. Hal ini membuat sauranya lebih tebal, bulat dan dalam. Fungsi bass sendiri sebagai penjaga ritme atau tempo dengan not – not  yang dimainkannya.

  • Drum
See also  Alat Musik Betawi dalam Kesenian Daerah yang Populer Hingga Saat Ini

Alat musik yang berbentuk seperti tong yang dipotong ini tidak mempunyai nada. Hanya bunyi  tiap bagiannya saja yang membedakan. Fungsi dari drum adalah sebagai penjaga ritme atau tempo sama seperti bass. Tapi bila bass menggunakan nada dari not – not yang dimainkan, drum melalui bunyi dari bass drumnya dan bagian lainnya.

  • Keyboard

Alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan ini berfungsi sebagai pengiring dan juga sebagai pemberi melodi. Berbeda dengan gitar melodi, meski pemberi melodi tapi lebih soft dan indah. Memberi nuansa pop pada komposisi musik.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More