Home Aneka Hobi Alat Musik Betawi dalam Kesenian Daerah yang Populer Hingga Saat Ini

Alat Musik Betawi dalam Kesenian Daerah yang Populer Hingga Saat Ini

by Beverley Kennedy

Betawi merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia, khususnya menempati kawasan Jawa barat. Mereka dikenal sebagai salah satu suku yang memiliki ciri khas budaya yaitu ondel-ondelnya. Tak hanya itu karena suku yang satu ini juga memiliki beberapa budaya khas lainnya seperti musik. Bahkan masih banyak alat musik Betawi yang masih bisa dijumpai sampai sekarang ini, umumnya digunakan pada beberapa acara daerah.

Tak menutup kemungkinan bahwa nantinya musik atau kesenian daerah Betawi tersebut nantinya juga akan punah. Untuk itu sebagai generasi baru alangkah baiknya jika kita mengenal dan melestarikannya. Sehingga budaya tersebut masih bisa dilihat oleh anak cucu di masa yang akan datang. Kenali juga beberapa alat musik Betawi populer yang masih ada hingga saat ini, tak kalah penting juga kesenian dari Betawi, diantaranya seperti:

Baca Juga: 4 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia yang Keberadaannya Sudah Mulai Hilang

  1. Gambar kromong, kesenian yang satu ini masih sering dilakukan sebagai pertunjukan di beberapa upacara adat, hingga terkadang perkawinan. Dalam satu orkestra gambar kromong tersebut umumnya menggunakan beberapa jenis alat musik, seperti diantaranya adalah rebab, krecek, gendang hingga gong. Sebenarnya Gambang Kromong tersebut bukan asli dari Betawi, melainkan percampuran antara budaya Betawi dan juga Tiongkok yang memang banyak menghuni kawasan Jakarta, ia terbentuk sejak abad 18.
  2. Tanjidor, namanya mungkin sudah tak begitu asing lagi bagi Anda, mengingat tak hanya di Betawi saja, melainkan di beberapa daerah lain juga sangat mudah menemukan pemain tanjidor ini. Tanjidor sendiri merupakan sebuah kesenian yang terdiri dari orkestra berbagai macam jenis alat musik tiup, menghasilkan suara yang nyaring dan juga merdu. Ia juga mulai populer di abad 18 Masehi. Bahkan hingga saat ini masih bisa menemui pemain Tanjidor.
  3. Marawis, kesenian yang satu ini lebih identik pada beberapa upacara keagamaan, seperti ketika ada pengajian akbar, maka salah satu yang akan mengiringi adalah musik marawis. Ia termasuk seni percampuran antara Melayu dan juga Arab sejak masuknya beberapa pedangan dari Gujarat ke Indonesia. Terdiri dari berbagai macam alat musik petik dan juga tabung seperti tamborin, gendang hingga mandolin.
  4. Keroncong tugu, keroncong Tugu ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Portugis hingga saat ini masih mudah untuk ditemui di Indonesia. Terdiri dari berbagai macam alat musik tradisional yang dimainkan bersamaan dan diiringi dengan sebuah lagu yang nuansanya klasik.

Penting mengenal seni daerah dan juga alat musik Betawi tersebut untuk memperdalam pengetahuan tentang budaya Indonesia. Indonesia terdiri dari berbagai macam suku yang menciptakan budaya beragam. Baik itu dari bahasa, makanan khas daerah hingga yang tak kalah juga keseniannya.

 

READ  Berikut 4 Teknik Mengayuh Sepeda Downhill dengan Baik dan Tepat

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More