Home Aneka Hobi Alasan Pembelian Buku Novel dan Penyebab Penurunan Penjualan Novel

Alasan Pembelian Buku Novel dan Penyebab Penurunan Penjualan Novel

by Beverley Kennedy

Membaca merupakan hal yang kini mungkin kini tidak lagi banyak dijadikan perhatian oleh beberapa kalangan tertentu. Maraknya teknologi internet yang banyak berkembang dewasa ini, terkadang membuat banyak kalangan menjadi melupakan makna dan manfaat penting dari kegiatan membaca. Melalui kegiatan membaca inilah setiap orang mampu membuka imajinasi mereka, bahkan mengerti berbagai hal yang tidak diketahui sebelumnya. Novel, merupakan salah satu buku atau media membaca yang dapat meningkatkan daya imajinasi serta kreativitas dari para pembacanya. Selain itu dengan membaca buku novel, secara tidak langsung kita terus mengasah otak untuk bekerja dan mengingat berbagai hal yang terdapat didalamnya, sehingga otak akan terus bekerja dan menghindarkan kita dari berbagai penyakit lupa yang mungkin bisa menyerang jika otak berdiam diri.

Dalam membaca sebuah novel, tentunya kita tidak asal-asalan dalam memilihnya, penyesuaian novel dengan kesukaan akan jenis cerita tertentu, pastilah harus diperhatikan. Selain kesesuaian cerita dengan kegemaran dari para pembacanya, pada umumnya pengarang atau penulis dari novel tersebut, juga memiliki pengaruh yang kuat dalam pemilihan novel yang akan dibaca oleh seseorang. Secara umum setiap orang yang memiliki hobi membaca novel, tentunya memiliki salah satu penulis favorit yang selalu didefenisikan sebagai alasan pemilihan pembelian novel.

Baca Juga:Buku Novel Indonesia Langka yang Wajib Anda Baca

Selain hal tersebut diatas, berikut ini beberapa alasan yang selalu digunakan oleh para pembaca buku novel dalam pemilihan dan pembelian sebuah judul novel, yang antara lain adalah:

  • Novel yang akan dibeli merupakan novel best seller yang paling banyak dicari oleh banyak kalangan.
  • Selain penulis favorit, keterkenalan penulis juga menjadi alasan tersendiri bagi seorang pembaca dalam memilih sebuah judul novel.
  • Cover yang menarik dari sebuah novel, yang disertai dengan synopsis cerita yang menarik, yang terdapat pada halaman cover novel.
  • Harga dari novel yang akan dibeli, dan penyesuaian dengan budget yang dimiliki.

Harga dari novel, memang terkadang memberikan pengaruh yang kuat dalam pembelian sebuah novel. Meskipun terkadang banyak kalangan yang memfavoritkan novel dari seorang penulis dan tertarik untuk membaca novel tersebut, namun mereka akan berhenti untuk membelinya dengan alasan budget yang dimiliki tidak cukup untuk membeli novel tersebut. Dengan alasan inilah, kemudian mereka mencari solusi lain untuk dapat membaca novel dari penulis favorit mereka tersebut, dengan membacanya secara gratis melalui pengunggahan file dari novel tersebut yang dapat dengan mudah didapatkan melalui jaringan internet.

Maraknya pengunggahan file yang dapat diunduh dengan gratis melalui jaringan internet inilah, yang kemudian menjadikan kelesuan pada penjualan buku novel secara konvensional. Bahkan hal ini pulalah yang banyak menyebabkan berbagai toko buku terkemuka kemudian mengalami kerugian besar, karena penjualan berbagai buku yang ada termasuk novel didalamnya, mengalami penurunan yang cukup signifikan, karena akibat dari sistem pengunduhan buku gratis dalam internet.

 

READ  Alasan Masyarakat Memiliki Hobi Unik Ialah:

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More