Home Tips Agar Bumbu Dapur Lebih Awet, Terapkan Cara Jitu Ini!

Agar Bumbu Dapur Lebih Awet, Terapkan Cara Jitu Ini!

by Beverley Kennedy

Salah satu tuntutan ibu rumah tangga di Indonesia adalah memasak untuk keluarga, yang dimana menjadi hal yang harus bisa dilakukan oleh semua wanita Indonesia. Ketika memasak, pastinya Anda membutuhkan berbagai jenis bumbu dapur agar masakan semakin terasa lezat dan sesuai dengan selera. Mengkombinasikan bumbu-bumbu juga sering kali dipilih oleh ibu Indonesia untuk menciptakan rasa baru dan juga memiliki karakteristik yang lebih menyegarkan. Disamping itu, Anda harus mengetahui jika bumbu tersebut memiliki tanggal kadaluarsa dan juga tidak bisa bertahan lama jika Anda tidak menyimpannya dengan baik. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk menyimpan bumbu tersebut dengan baik dan benar agar lebih awet dan bisa Anda gunakan hingga habis. Selain agar awet, tidak ada ruginya jika Anda menyimpannya dengan baik agar dapur terlihat lebih tertata dan juga lebih rapi. Untuk menyimpannya, Anda bisa menggunakan cara jitu di bawah ini:

 Agar Bumbu Dapur Lebih Awet, Terapkan Cara Jitu Ini!

  • Paparan Sinar Matahari

Hal paling pertama yang bisa Anda lakukan agar membuat bumbu menjadi tahan lama dan bisa Anda gunakan dalam waktu yang lama tanpa merubah rasanya adalah dengan menjauhkannya dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika terkena paparan secara langsung, maka hal ini dapat membuat warna bumbu menjadi berubah, mengering atau bahkan menimbulkan bau busuk yang tidak sedap. Misalnya saja tomat dan cabai, kedua bahan tersebut sangat sensitif akan sinar matahari.

  • Kompor

Selain menjauhinya dari paparan sinar matahari, jangan sampai menyimpan bumbu dapur di dekat kompor. Hal ini dikarenakan kompor dapat memberikan efek yang serupa dengan sinar matahari. Dengan pancaran api kompor yang panas, bumbu akan mengering dan warnanya pun akan berubah. Terutama jika Anda mendekatkan bumbu yang mudah rusak atau sayuran, pastinya akan lebih cepat layu dan rusak. Pastikan untuk menyimpannya di tempat dengan suhu yang sedang dan sejuk.

  • Wadah Tertutup

Untuk bumbu yang berukuran kecil, seperti misalnya garam, lada, ketumbar, dan lain sebagainya tidak boleh Anda simpan secara sembarangan. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup, misalnya menggunakan wadah yang terbuat dari plastik dan aman untuk menyimpan makanan. Pastikan jika menggunakannya, tutup wadah tersebut dengan baik agar tidak ada hama atau pun serangga yang masuk ke dalamnya dan akhirnya merusak bumbu tersebut dan membuatnya menjadi tidak higienis.

  • Tempat Terbuka

Jika Anda sering menggunakan bawang dalam setiap masakan Anda, maka jangan lupa untuk menyimpan bumbu dapur tersebut di tempat yang terbuka. Hal ini dikarenakan bawang merupakan bumbu yang cepat busuk. Anda bisa menyimpan di dalam plastik yang memiliki lubang, menyimpannya dalam kulkas, dan lain sebagainya. Namun pastikan jika wadah tertutup dengan rapat agar wangi dari bawang tersebut tidak hilang. Biasanya jika disimpan di dalam kulkas, bawang akan bertahan selama tujuh hari.

READ  Mengenal Lebih dalam Olahraga Panjat Tebing

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More