Home Tips 7 Pilihan Hewan Peliharaan Unik dan Lucu yang Mudah Dipelihara

7 Pilihan Hewan Peliharaan Unik dan Lucu yang Mudah Dipelihara

by Beverley Kennedy
7 Pilihan Hewan Peliharaan Unik dan Lucu yang Mudah Dipelihara

Rutinitas bekerja sehari-hari banyak membuat jenuh orang yang menjalaninya. Terlebih jika jauh dari anggota keluarga dan tinggal sendirian di kos atau apartemen. Beberapa orang mengatasi hal tersebut dengan memelihara hewan sebagai teman. Ternyata selain kucing dan anjing, banyak pilihan hewan lain yang bisa Anda pelihara. Jika Anda termasuk orang yang ingin mempunyai hewan peliharaan yang tidak biasa atau unik, simak rekomendasinya berikut.

7 Pilihan Hewan Peliharaan Unik dan Lucu yang Mudah Dipelihara

Landak mini  

Di dunia ini setidaknya terdapat 16 spesies landak mini. Meskipun juga mempunyai duri diseluruh tubuhnya, namun duri landak mini tidak beracun. Landak mini termasuk hewan noktunal yang bersembunyi ditempat gelap saat siang hari. Tampilan menggemaskan dari landak mini lah yang membuat banyak orang jatuh hati untuk memeliharanya.

Sugar Glider

Sugar glider yang berasal dari Papua Maluku dan wilayah Australia ini mempunyai tingkat keakraban melebihi kucing. Sebenarnya hewan ini tidak boleh diperjualbelikan kecuali hasil ternak. Selain imut dan menggemaskan, perawatan hewan ini terbilang mudah. Otak heran jika banyak pehobi baru yang memeliharanya. Hewan ini juga mudah menjalin ikatan atau bonding dengan pemiliknya.

Kura-Kura Air

Kura-kura air menjadi binatang peliharaan yang sedang populer di kalangan pencinta hewan reptil. Yang membuat kura-kura air menarik untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan ialah kesan hewan purba yang melekat pada hewan ini, serta penampilannya yang lucu dan unik dengan warna cangkang yang indah.

Umang-umang

Meskipun Umang-umang atau biasa disebut keong terbilang populer tetapi orang yang serius tertarik untuk memeliharanya sedikit. Untuk memeliharanya Anda perlu membuat kandang menyerupai habitat aslinya yakni pantai. Umang-umang adalah hewan omnivora sehingga Anda bisa memberinya makan berupa sawi, wortel, apel, pisang, kacang, ikan dan lainnya. untuk minum sediakan air tawar dan air asin. Jangan lupa menyediakan rumah (cangkang) dari siput yang sudah mati secara berkala sesuai perkembangan tubuhnya.

Burung Hantu

See also  Resep Sederhana Membuat Biskuit Kucing yang Bisa Anda Coba di Rumah

Pemeliharaan burung hantu tidak bisa disamakan dengan burung kicauan mengingat burung ini memiliki kecerdasan yang melebihi burung kiacauan. Agar cepat jinak dan tumbuh kepercayaan pada pemiliki burung hantu perlu sering disapa. Perawatannya pun tidak memerlukan sangkar cukup buatkan tempat bertengger untuknya sebagai rumah. Jangan lupa mengikat tenggeran dengan kaki burung. Namun, jika Anda mendapatkannya dari alam liar perlu berhati-hati dengan cakar dan paruhnya yang kuat karena cukup berbahaya jika dipelihara.

Leopard Gecko

Masyarakat Indonesia biasa menyebut hewan ini berdasarkan motifnya yakni tokek Pakistan atau tokek macan tutul. Selain itu, Gecko ini memang berasal dari Pakistan, India dan Iran. Pemeliharaannya sangat mudah cukup buat kandang dari toples berukuran 90x45x45 cm yang telah dilubangi untuk sirkulasi udara. Sediakan juga berganti kulit berupa tempat lembap di pojok kandang. Makanan gecko yakni serangga dan yang paling umum diberikan adalah jangkrik karena mudah didapatkan.

Musang

Jika Anda berniat menjadikan musang sebagai hewan peliharaan sebaiknya mulai dari bari. Jika dari tangkapan di hutan, maka sukar dijinakkan dan harus berhati-hati. Karena hewan ini mempunyai kecenderungan menyerang/mengigit siapa pun yang ada dijangkauannya. Makanan untuk musang sendiri mudah didapatkan cukup dengan pisang atau nasi. Kelebihan musang untuk dipelihara ialah tidak mengeluarkan suara yang berisik serta kotorannya tidak sebau binatang peliharaan lain. Varian musang yang bisa dijadikan sahabat ialah musang pandan, musang bulan, musang rase, dan musang akar.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More