Home Tips 7 Peralatan Berkebun yang Harus Dimiliki Pemula

7 Peralatan Berkebun yang Harus Dimiliki Pemula

by Beverley Kennedy
7 Peralatan Berkebun yang Harus Dimiliki Pemula

Salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang adalah berkebun. Waktu luang Anda bisa lebih produktif bila dihabiskan dengan membuat kebun sendiri dan merawatnya di rumah. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memperindah area sekitar pekarangan rumah menjadi lebih segar karena udara yang kotor tersaring dan menangkal radikal bebas yang ada di udara. Tidak perlu keahlian khusus dalam Kegiatan ini namun, untuk memperoleh hasil kebun yang memuaskan diperlukan kesabaran dan ketekunan. Aktivitas positif ini juga bisa dilakukan bersama anggota keluarga lainnya.

7 Peralatan Berkebun yang Harus Dimiliki Pemula

Jika Anda masih baru memiliki keinginan untuk membuat kebun sendiri, mungkin masih bingung peralatan apa saja yang diperlukan guna memperlancar kegiatan berkebun karena masih pemula. Sebenarnya Peralatan tersebut dapat dengan mudah ditemukan di toko peralatan rumah tangga. Sebelum Anda ‘berburu’ peralatan berkebun, sebagai pemula pastikan untuk membeli beberapa alat yang ada pada daftar berikut.

  1. Ember Plastik

Ember plastik merupakan salah satu peralatan berkebun yang multifungsi. Banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan memakai alat ini. Dapat digunakan untuk menyimpan tanah, bisa pula dijadikan sebagai tempat menyimpan air, bahkan bisa dijadikan wadah sampah yang ingin dibuang dan digunakan sebagai pot sementara.

  1. Sekop

Alat ini berguna untuk membuat lubang kecil pada tanah, sehingga tidak perlu langsung menggunakan tangan Anda saat menggali. Buatlah beberapa lubang untuk menanam berbagai tanaman yang diinginkan. Bisa juga dimanfaatkan untuk mengaduk semen.

  1. Cangkul

Jika Anda ingin membuat lubang yang lebih besar di tanah, maka alat yang cocok digunakan adalah Cangkul. Cangkul berguna jika pohon-pohon yang ingin Anda tanam di pekarangan mempunyai ukuran yang besar. Saat akan menggali lubang yang lebih besar, mintalah bantuan para pria karena alat ini membutuhkan tenaga yang besar.

  1. Selang
See also  Manfaat Bermain Boneka Untuk Kembang Sang Anak

Setelah Anda mempunyai beberapa tanaman di pekarangan, pastinya Anda butuh alat selang untuk menyirami seluruh tanaman tersebut. Alat ini tidak boleh terlupakan jika Anda tidak ingin tanaman Anda mati karena kekurangan air.

  1. Pengatur Kelembapan

Pengatur kelembapan berfungsi mengukur kelembapan yang ada di dalam tanah. Kegunaannya ialah untuk mengetahui tanaman apakah tanaman Anda benar-benar perlu disiram atau tidak.

  1. Alat Pangkas

Pekarangan rumah Anda sudah dipenuhi tumbuhan atau semak belukar? Potong saja dengan alat pemangkas ini. Alat ini juga bisa merapihkan bentuk tanaman yang tak beraturan. Sebelum memotong tumbuhan pastikan pisau yang disematkan pada alat pemangkas tajam dan tidak berkarat. Hal tersebut untuk mengantisipasi kesulitan Anda saat memotong akibat pisau yang tumpul.

  1. Sarung Tangan

Saat berkebun, untuk melindungi tangan agar tidak  kotor Anda bisa memakai sarung tangan. Selain mampu melindungi tangan agar tetap bersih, sarung tangan juga akan menjaga tangan Anda agar tidak mudah terluka saat menggunakan alat-alat yang tajam. Pilih sarung tangan berbahan karet agar saat Anda memegang benda yang licin lebih mudah.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More