Home Aneka Hobi 7 Jenis Alat Musik Sunda yang Terbuat dari Bambu

7 Jenis Alat Musik Sunda yang Terbuat dari Bambu

by Beverley Kennedy

Salah satu jenis kesenian yang paling banyak dipelajari dan menjadi bentuk hiburan populer hingga saat ini adalah musik. Dengan adanya musik maka kehidupan menjadi lebih berwarna. Sebenarnya seni musik ini sendiri memang sudah ada sejak zaman dahulu. Namun semakin kesini jenisnya jadi semakin banyak dengan terciptanya berbagai bentuk alat musik modern atau alat musik baru. Namun jika menilik dari sejarahnya tentu tak akan lepas dari alat musik tradisional. Bahkan di Indonesia sendiri setiap daerah memiliki alat musik khasnya masing-masing. Seperti diantaranya adalah alat musik Sunda.

Masyarakat Sunda tak hanya dikenal sebagai pribadi yang kalem atau lemah lembut saja, melainkan juga mencintai musik. Terbukti dengan banyaknya kesenian khas daerah tersebut yang masih ada hingga saat ini. Beberapa diantaranya juga memanfaatkan alat musik Sunda tradisional. Uniknya kebanyakan alat musik dari Sunda memang terbuat dari bahan bambu. Seperti:

  1. Angklung, pastinya sudah tak berlalu asing lagi dengan alat musik yang satu ini, karena banyak diantara masyarakat yang masih sering mengadakan pertunjukannya. Merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara di goyang dan juga dipukul, perpaduan antara satu nada dengan nada yang lainnya akan menghasilkan suara yang merdu.
  2. Calung, sebelum tercipta angklung, maka calung inilah yang paling dikenal oleh masyarakat Sunda, bedanya ia dimainkan hanya dengan cara memukulnya saja. Alat musik tersebut terbuat dari batang bambu kering yang nantinya akan mengeluarkan bunyi nyaring.
  3. Suling sunda, suling adalah alat musik yang dimainkan dengan cara meniupnya, ia akan mengeluarkan bunyi yang merdu ketika diimbangi keahlian tangan dalam membuka tutup lubang-lubang yang ada. Hanya beberapa orang tertentu yang bisa memainkan alat musik tradisional ini.
  4. Karinding, sulunya karinding bukan sebuah alat musik, melainkan alat yang dipakai untuk mengusir hama sawah karena bisa menghasilkan bunyi yang nyaring. Selain itu juga banyak digunakan sebagai pengiring ketika membacakan doa. Namun dalam perkembangannya karinding juga banyak dipakai sebagai pengiring lagu.
  5. Celempung, alat musik ini terbuat dari bahan bambu gombong, cara memainkannya adalah dengan memukulnya. Namun bunyi yang dihasilkan bukan nyaring, melainkan mirip dengan sebuah gendang ketika ditabuh, sehingga alat musik tersebut juga banyak digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan.
  6. Toleat, alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara meniupnya, bentuknya seperti sebuah suling, namun uniknya suara yang dihasilkan seperti saxophone. Ia sudah mulai populer sejak tahun 1980.
  7. Goong tiup, goong tiup menghasilkan suara yang berbeda dengan goong pada umumnya karena terbuat dari bahan dasar bambu, sehingga suara dengungan yang dihasilkan jauh lebih kuat, mengalahkan suara terompet.

Itulah beberapa alat musik Sunda yang terbuat dari bahan dasar bambu,

 

READ  5 Macam Alat Musik Modern Paling Populer

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More