Home Tanaman 5 Tumbuhan Yang Bisa Dijadikan Tanaman Bonsai

5 Tumbuhan Yang Bisa Dijadikan Tanaman Bonsai

by Beverley Kennedy
5 Tumbuhan Yang Bisa Dijadikan Tanaman Bonsai

Di Indonesia, memang memiliki banyak jenis tanaman yang beragam dan tumbuh serta berkembang di tanah negeri ini. Apalagi dengan keadaan iklim tropis di Indonesia memang cocok bagi sebagian besar tanaman. Maka tidak heran jika banyak juga tanaman hias yang bisa tumbuh di negeri ini. Selain itu, juga banyak tanaman yang bisa dijadikan tanaman bonsai.

5 Tumbuhan Yang Bisa Dijadikan Tanaman Bonsai

Apa itu tanaman Bonsai? Tanaman kecil yang ditanam dalam pot, serta biasanya dibentuk dalam berbagai macam. Tanaman bonsai ini memang dikhususkan sebagai tanaman hias yang melengkapi suasana halaman rumah ataupun taman bunga yang ada di rumah. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam tanaman yang bisa dijadikan tanaman bonsai. Nah, lantas apa saja tanaman yang bisa dijadikan tanaman bonsai? Berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya:

  • Tanaman Asam

Ada beberapa jenis tanaman asam yang bisa dijadikan untuk tanaman bonsai. Salah satunya adalah tanaman asam jawa.  Tanaman asam sendiri dapat dijadikan tanaman bonsai sebab memiliki beberapa hal, seperti akarnya yang kuat, batangnya yang keras, dan tampilannya yang terlihat sangat kuat. Selain tanaman asam jawa, juga ada asam Belanda yang bisa dijadikan tanaman bonsai untuk hiasan di rumah.

  • Tanaman Beringin

Tanamam beringin sering dijadikan untuk tanaman bonsai karena memang tanaman jenis ini memiliki banyak keunggulan, seperti karena daunnya yang rimbun, dapat dengan mudah menyesuaikan diri, dan juga akar – akarnya yang mudah dibentuk sesuai dengan kreatifitas.

  • Tanaman Cemara

Tanaman cemara ini juga sering sekali menjadi tanaman bonsai karena daunnya yang lebat, serta terkenal sebagai tanaman bonsai yang baik. Selain itu, tanaman cemara juga memiliki ranting hijau yang memiliki alur, kayunya yang keras dan kuat, serta batangnya yang bisa dengan mudah diukir. Cemara juga mudah ditanam di berbagai tempat, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Maka tidak heran jka tanaman bonsai cemara ini memiliki banyak penggemar.

  • Tanaman Jeruk

Selain buahnya bisa dikonsumsi, tanaman jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman bonsai. Beberapa macam tanaman jeruk yang bisa dijadikan tanaman bonsai adalah tanaman jeruk bali, jeruk keprok, dan juga jeruk kingkit. Tanaman bonsai jeruk ini memiliki daya tarik sendiri, karena tanaman bonsai ini memiliki berbagai perpaduan yang pas. Daun dan batangnya yang mungil berbanding terbalik dengan buahnya yang besar serta aromanya yang sangat khas.

  • Tanaman Kelapa

Ternyata, tanaman kelapa juga bisa dijadikan tanaman bonsai. Hal ini karena tanaman kelapa memiliki pangkal batang yang besar, dan daunnya yang tersusun rapi dalam tajuk.

Indonesia memang memiliki beragam macam tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman bonsai. Dengan kreatifitas semua jadi tampak berbeda. Hanya saja yang tidak boleh dilupakan adalah untuk tetap melestarikan dan menjaga tanaman dengan baik.

READ  Cara Berkebun Dengan Memanfaatkan Pekarangan Menjadi Kebun Mini

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More