Home Aneka Hobi 5 Macam Alat Musik Modern Paling Populer

5 Macam Alat Musik Modern Paling Populer

by Beverley Kennedy

Musik merupakan suatu bunyi-bunyian yang memiliki irama, yang berasal dari satu atau gabungan beberapa alat musik. Musik merupakan bagian dari peradaban manusia dimana seiring berkembangnya zaman, alat-alat musik dan musik itu sendiri juga mengalami perubahan. Ada berbagai macam alat musik modern yang ada saat ini, 5 di antaranya adalah yang terpopuler:

  • Gitar.

Gitar merupakan alat musik pertama yang paling banyak peminatnya. Bentuknya yang unik dengan deretan senar nilon atau baja yang umumnya berjumlah 6 dan cara memainkannya yang cukup mudah membuat banyak orang jatuh cinta dengan alat musik satu ini. Gitar terbagi menjadi 2 jenis, yakni gitar akustik dan juga gitar elektrik. Gitar akustik mempunyai lubang di tengah body-nya yang terbuat dari kayu, lubang ini berfungsi untuk menghantarkan suara yang dihasilkan dari petikan senar gitar. Gitar akustik lebih populer dibandingkan dengan gitar elektrik, meski demikian kelompok pemain musik atau band lebih sering menggunakan gitar elektrik dalam pertunjukannya.

  • Piano.

Piano merupakan alat musik yang cara memainkannya adalah dengan menekan tuts-tuts sehingga dengan jari tangan. Tuts-tuts pada piano memiliki nadanya tersendiri. Meski merupakan salah satu dari alat musik modern, piano ternyata sudah ada sejak tahun 1720 dan diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori. Hal ini yang menjadikan piano merupakan alat musik tertua di dunia. Banyak orang tua yang cenderung mengenalkan piano pada anak-anaknya yang masih kecil dibandingkan dengan mengenalkan mereka pada alat musik lain seperti gitar atau drum.

  • Keyboard.

Keyboard sekilas mirip dengan piano karena memiliki tuts-tuts yang dimainkan dengan cara ditekan atau dipencet. Namun keyboard membutuhkan tenaga listrik untuk dapat dimainkan. Alat musik ini berperan sebagai orchestrator, yaitu penyelaras aransemen dalam permainan atau pertunjukan musik. Selain itu yang membedakan keyboard dengan piano adalah alat musik elektronik ini dapat disetel menjadi berbagai macam suara alat musik lainnya seperti terompet, gitar, seruling, biola hingga suara perkusi. Selain itu, keyboard juga dapat diselaraskan dengan pengeras suara atau speaker.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya

  • Biola.

Biola merupakan alat musik yang modern yang bentuknya menyerupai gitar tetapi lebih kecil. Bedanya, cara memainkan biola adalah dengan cara di gesek dengan menggunakan sebuah tongkat khusus yang disebut dengan “bow”. Biola juga dikenal dengan sebutan violin.

  • Drum.

Dalam permainan musik yang sempurna, alat musik modern perkusi seperti drum sangatlah dibutuhkan. Hal ini dikarenakan drum dapat digunakan sebagai patokan dalam menentukan ketukan dan juga kecepatan tempo permainan. Maka tidak salah lagi jika drum bisa dibilang merupakan jantung dari sebuah permainan musik. Tanpa kehadiran alat musik perkusi atau drum, biasanya tempo permainan musik menjadi kurang teratur. Drum terdiri dari beberapa alat musik lain seperti tom dan cymbal.

READ  Hobi Unik Yang Bikin Anda Geleng Kepala

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More