Home Aneka Hobi 5 Jenis Sepeda Gunung Atau Mountain Bike

5 Jenis Sepeda Gunung Atau Mountain Bike

by Beverley Kennedy

Sekarang sepeda gunung atau Mountain Bike (MTB) menajadi popular dikalangan masyarakat perkotaan, faktor penyebabnya adalah kesadaran hidup sehat dan menjadi salah satu bentuk kesadaran lingkungan. Semakin banyaknya permintaan, perusahaan penyedia sepeda menambah jumlah produksi.

Sepeda MTB memiliki detail yang berbeda dengan sepeda jenis lainnya. Hal tersebut karena umumnya sepeda ini digunakan di medan yang lumayan berat. Sepeda ini memiliki 4 jenis kategori dengan spesifikasi berbeda sesuai dengan permukaan atau kontur tanah.

Pada dasarnya sepeda gunung dibagi menjadi lima jenis,yaitu: cross contry, downhill, trail, freeride dan dirt jump. Setiap jenis desainnya dirancang untuk medan yang berbeda. Berikut ini penjelasannya.

  • Cross Country

Sepeda jenis ini disebut XC, dirancang untuk medan off road yang memiliki rintangan minim hingga menengah. Cross Country dibagi menjadi dua yaitu:

  • Hardtail mountain bike adalah sepeda yang suspensinya berada di bagian depan. Menggunakan sepeda ini Anda terlatih untuk mengayuh dengan baik. Jenis sepeda ini lebih awet tanpa harus perawatan khusus.
  • Full suspension mountain bike atau fulsus adalah sepeda yang memiliki suspense di depan dan belakang, terintegrasi dengan rangka. Menggunakan sepeda ini lebih nyaman diboseh dibandingkan dengan jenis hardtail mountain bike.

  • Trail

Sepeda ini merupakan modifikasi jenis cross country namun sistem suspensinya lebih halus saat mengatasi rintangan atau medan yang sulit. Kekurangan sepeda ini adalah kayuhannya yang harus lebih berusaha karena meningkatnya suspense. Namun, Anda jangan khawatir karena sekarang sudah ada teknologi suspense yang bisa dimatikan jika tidak digunakan.

Baca Juga: Komponen Sepeda Gunung Dan Fungsinya

  • Downhill

Sepeda ini sengaja di desain untuk jalan yang menurun. Sepeda ini cocok digunakan untuk balapan turun. Namun karena dirancang untuk menuruni bukit,jika diguankan untuk jalanan yang menanjak agak sulit.

  • Freeride
READ  Tanaman Bonsai Adalah Hobi Yang Menyenangkan

Dari segi tampilan, sepeda ini sekilas seperti downhill. Namun pada freeride dirancang untuk memudahkan pengguna mengayuhnya. Sepeda ini merupakan perpaduan antara cross country dengan downhill. Perbedaannya sepeda ini tidak bisa bekerja sebaik ke-2 jenis sepeda tersebut jika Anda menginginkan fitur tertentu.

  • Dirt Jump

Seperti namanya sepeda ini didesain untuk melompat, cocok digunakan di jalanan atau untuk balap slalom. Beberapa orang menganggap Dirt Jump merupakan versi sepeda BMX yang besar dengan suspense bagian depan. Dirt Jump dirancang dengan rangka yang kuat, mampu menahan beban saat pengendara melakukan lompatan.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis sepeda gunung atau mountain bike (MTB). Semoga artikel ini dapat menambah informasi khususnya bagi Anda yang sedang mencari sepeda yang sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk mengetahui dengan jelas model sepeda tersebut bisa lihat di situs jual beli bukalapak.com. Anda juga bisa mendapatkan informasi sekaligus mengenai harga jualnya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More