Home Aneka Hobi 5 Fakta Unik Tentang Kucing Persia

5 Fakta Unik Tentang Kucing Persia

by Beverley Kennedy

Dari luar kucing Persia terlihat seperti bola bulu. Tetapi, di bawah mantel bulunya ada tubuh berotot dan kokoh. Berikut ini 5 fakta unik tentang kucing Persia.

  1. Ada banyak ukuran, warna, dan varian

Walaupun kucing Persia yang menjadi ikon budaya pop biasanya berwarna putih atau perak, ras ini memiliki banyak warna dan corak. Dari hijau penyu dan belacu hingga jingga, abu-abu, dan hitam-putih, variannya sangat banyak. Sub-varian lain dari kucing ini ada yang seukuran mainan dan cangkir teh, yakni jenis Himalaya (yang merupakan persilangan antara Persia dan Siam) dan Chinchilla Longhairs, yang memiliki hidung mancung dan bulu hitam.

  1. Jadi ikon budaya pop

Kucing Persia mungkin merupakan ras yang paling terwakili dalam budaya populer. Ernst Stavro Blofield, penjahat super dalam film James Bond, dan alter-ego parodinya, Dr. Evil, keduanya suka kucing putih Persia mereka yang berwarna putih dan bermata biru. Film Cats & Dogs menampilkan kucing ras Persia jahat bernama Kitty Galore.

  1. Wajahnya tidak selalu rata

Selain mantel bulunya, karakteristik yang paling khas dari kucing Persia adalah wajahnya yang rata. Walaupun demikian, ras ini tidak selalu berwajah rata. Kucing ras ini dulu pernah memiliki moncong yang lebih jelas, namun pada tahun 1950 mutasi genetik mengakibatkan sejumlah anak kucing terlahir dengan wajah rata. Peternak menyukai tampilan ini, dan selama bertahun-tahun mereka melakukan pembiakan selektif agar bentuk hidungnya semakin pesek.

Sebagian jenis kucing Persia, yang dikenal sebagai kucing “wajah boneka”, masih terlihat seperti nenek moyangnya yang mancung. Sementara sebagian lainnya memiliki wajah rata yakni ras Persia modern. Sayangnya, ras Persia modern ini memiliki beberapa masalah kesehatan, seperti mata berair, sesak napas, dan sering mengalami kesulitan saat memakan makanan mereka.

Baca Juga: Pentingnya Memberikan Makanan Terbaik Untuk Kucing Persia

  1. Mirip Angora Turki
READ  Tips Camping Seru Bersama Teman dan Beberapa Hal yang Harus Dihindari  

Kucing Persia sangat mirip dengan kucing Angora Turki, yang merupakan ras lain dari kucing berbulu lebat yang datang ke Eropa dari Mediterania pada tahun 1500-an. Keduanya disilangkan selama bertahun-tahun untuk menghasilkan ras Persia yang berbulu lebih lebat, sehingga kucing Angora hampir saja punah. Turki pun melakukan program pengembangbiakkan untuk menyelamatkan Angora. Ras Persia berperawakan gempal, kepala yang lebih besar, mata bulat, dan bulu yang sedikit lebih panjang, sedangkan Angora Turki berperawakan lentur, telinga lancip, dan ekor berbulu lebat.

  1. Diabadikan dalam lukisan

Baru-baru ini, sebuah karya seni berukuran 183 x 260 cm2, yang konon menjadi “lukisan kucing terbesar di dunia”, terjual dalam pelelangan seharga lebih dari $820.000. Lukisan minyak dari akhir abad 19 disebut My Wife’s Lovers, dan dulunya merupakan milik seorang dermawan kaya yang meminta seorang seniman untuk melukis berbagai jenis kucing Angora Turki dan kucing Persia miliknya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More