Home Aneka Hobi 4 Jenis Alat Musik Tradisional Khas Dari Indonesia Timur

4 Jenis Alat Musik Tradisional Khas Dari Indonesia Timur

by Beverley Kennedy

Indonesia timur merupakan bagian wilayah yang berada di timur Indonesia yang meliputi pulau besar dan juga mempunyai keindahan alam yang masih asri. Beberapa diantaranya misalnya pulau Papua, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan berbagai pulau lainnya. Selain mempunyai pulau yang pemandangannya masih asri, pulau di Indonesia timur ini juga mempunyai kebudayaan yang menarik. Misalnya dari kain, tarian, pakaian adat, dan juga dari alat musik yang dipunyainya. Ada beberapa jenis alat musik tradisional yang mempunyai bentuk dan cara main yang unik. Misalnya beberapa jenis alat musik khas dari bagian Indonesia timur ini adalah sebagai berikut:

  • Tifa

Jenis alat musik pertama yang berasal ari Indonesia bagian timur adalah tifa. Jenis alat ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan kendang dan juga cara mainnya yang dengan dipukul. Jenis alat musik ini sendiri berasal dan dapat ditemukan dengan mudah di bagian Maluku dan juga Papua. Bahan alat musik ini sendiri menggunakan kayu dan mempunyai lubang di tengahnya. Tifa sendiri mempunyai beberapa jenis yang ada seperti jenis tifa jekir, tifa potong, tifa dasar, tifa jekir potong, dan ada juga tifa pas.

  • Sasando

Jenis alat musik tradisional ini lumayan dikenal di Indonesia yang bernama sasando. Jenis alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan berasal dari pulau Rote yang berada di daerah Nusa Tenggara Timur. Nama sasando sendiri berasal dari bahasa asli pulau tersebut yaitu sasandu yang mempunyai arti alat yang berbunyi. Bentuk dari sasando ini mempunyai bentuk seperti alat musik petik lainnya dan mempunyai ciri khas dengan bentuk setengah bawang sehingga membuat bentuknya lebih indah.

  • FU

Jenis alat musik lainnya yang berasal dari Indonesia bagian timur bernama FU. Jenis ini berasal dari Maluku Utara dan mempunyai cara memainkannya dengan tiup. Jenis alat musik ini dapat menghasilkan bunyi aerofon dan mempunyai bentuk yang khas. Karena alat ini berasal dari kerang yang dapat menghasilkan bunyi yang indah. Alat musik ini biasanya digunakan untuk beragam kegiatan di Maluku Utara dan dapat untuk mengiringi lagu-lagu tradisional dan upacara yang ada di pulau timur tersebut.

  • Guoto

Dan jenis alat musik tradisional terakhir yang berasal dari Indonesia timur adalah guoto. Jenis ini berasal dari wilayah Papua Barat dan menghasilkan jenis bunyi kordofon. Alat musik yang satu ini sendiri mempunyai cara bermain dengan dipetik dan mempunyai beberapa senar yang ada. Bentuknya seperti kendang akan tetapi mempunyai badan yang lebih ramping sehingga dapat dengan mudah untuk dibawa dan dimainkan. Alat musik ini sendiri biasanya digunakan untuk upacara adat yang dilakukan di wilayah Papua.

 

READ  Harga Skateboard yang Tepat Untuk Pemula

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More