Home Tips 3 Kerajinan Tangan Terbaik Indonesia

3 Kerajinan Tangan Terbaik Indonesia

by Beverley Kennedy
3 Kerajinan Tangan Terbaik Indonesia

Anda menggemari barang – barang yang  bernilai seni tinggi? Atau anda mungkin sedang mencari suatu usaha yang pas buat anda? Atau anda senang berbelanja cindera mata? Anda beruntung tinggal di Indonesia. Negara kita ini selain terkenal dengan kekayaan alamnya juga terkenal produk – produk kerajinan tangannya. Beragam budaya  memberikan nilai yang positif. Suatu berkah yang sangat patut kita syukuri tentunya. Tangan – tangan terampil dari masyarakat dari berbagai daerah telah menghasilkan benda yang mempunyai nilai seni tinggi sekaligus juga mempunyai nilai guna atau nilai pakai. Dunia bahkan mengakuinya. Sebenarnya ada banyak,tapi setidaknya ada 3 kerajinan tangan terbaik Indonesia yang sangat dikenal didunia.

3 Kerajinan Tangan Terbaik Indonesia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya ada banyak kerajian tangan Indonesia yang berkualitas tinggi. Sangat bahkan, mengingat begitu beragamnya kebudayaan di Indonesia. Tapi, memang saat ini karena keterbatasan, tidak bisa digambarkan semuanya.  Ke -3 kerajinan tangan ini dianggap mewakili yang lainnya.

  • Batik

Batik atau lebih tepatnya batik tulis merupakan kerajinan tangan yang menjadi identitas Indonesia. Sebuah  karya yang bernilai dan bercita rasa tinggi. Batik sangat tekenal diseluruh dunia. Keindahannya melegenda. Anda harus berbangga dengan ini. Batik sendiri banyak sekali motifnya tersebar di berbagai daerah penghasilnya. Tapi setidaknya ada 10 motif yang paling terkenal, yaitu :

  • Batik Solo.
  • Batik Pekalongan.
  • Batik mega mendung.
  • Batik Tasik.
  • Batik keraton.
  • Batik Jepara.
  • Batik jagad.
  • Batik Kawung.
  • Batik Malang.
  • Batik Sidomukti Magetan.
  • Ukiran kayu

Baca Juga:PELUANG USAHA DENGAN KERAJINAN TANGAN

Kerajin tangan yang satu ini terkenal karena keindahannya. Keindahanya tidak hanya diakui oleh masyarakat Indonesia saja tapi dunia mengakuinya. Kekayaan alam berupa kayu yang melimpah dimanfaatkan dengan baik dengan mengubahanya menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi. Setidaknya ada 2 daerah yang menonjol mengenai ini. Bali terkenal dengan kerajinan patung kayunya. Ciri khasnya adalah motifnya yang sangat mendetail dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Ini tentu saja menghasilkan benda seni dengan cita rasa tinggi. Selain itu ada ukiran kayu dari suku Asmat. Dengan desain khasnya yang kental dengan budaya setempat juga termasuk yang sangat diminati dan diakui oleh dunia internasional.

  • Kain tenun

Jenis kerajinan tangan yang satu ini juga termasuk yang terkenal didunia. Tentu saja karena kualitasnya dan prosesnya yang tidak mudah dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Kain tenun tersebar dibeberapa daerah dengan ciri khas dan keuinikan tersendiri. Kain ulos Batak Sumatera, tenun Toraja dari Sulawesi, tenun Sambas dari Kalimantan dan banyak lagi yang lainnya.

Nah, itu baru sebagian kecil, sebenarnya masih banyak lagi kerajinan tangan terbaik lainnya.

See also  3 Tanda Seseorang Bisa Disebut Sebagai Kutu Buku

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More