Home Tips 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mulai Belajar Memainkan Harmonika

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mulai Belajar Memainkan Harmonika

by Beverley Kennedy

Harmonika adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup atau dihisap yang berasal dari sebuah alat musik tradisional di China, ‘Sheng’, dimana alat musik ini sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu. Dengan meniup dan menghisap lubang-lubang, maka alat ini pun akan menghasilkan suara yang sangat khas ditelinga pendengarnya. Meskipun cara memainkannya memang terdengar sederhana, namun nyatanya alat musik ini tidak mudah untuk dimainkan oleh orang awam. Karena keunikannya, maka pemainnya pun harus mengenal dan menghapal setiap detil dari alat ini, seperti mengetahui bagian-bagiannya dan beberapa hal lainnya. Berikut adalah 3 hal yang harus diperhatikan saat baru mulai belajar memainkannya.

  • Memilih Jenisnya

Ada 2 macam harmonika yang biasanya dipakai para musisi. Yang pertama adalah diatonic yaitu yang selalu memiliki kunci C karena sudah diatur seperti itu, dan jenis inilah yang paling banyak kita jumpai di toko alat musik. Yang kedua adalah kromatik yang memerlukan peralatan mekanik untuk mengatur lubang dalam menghasilkan suara. Tipe ini yang hanya memiliki 10 lubang hanya dapat memainkan satu kunci saja, namun jika memiliki 12 sampai 16 lubang, maka kuncinya dapat diubah.

  • Mempelajari Bagiannya

Setelah mengetahui tipenya, Anda juga perlu mengetahui dan mempelajari bagian-bagian dari alat tersebut. Untuk menciptakan nada, alat ini memiliki Reed yang akan memisahkan udara dari tiupan maupun tarikan melalui lubang-lubang yang ada. Bagian yang biasanya mengenai mulut pemainnya dinamakan mouthpiece dan bagian lainnya biasanya terbuat dari plastic, logam atau kayu. Selain itu, Anda harus merawat alat ini dan menjaganya agar memiliki nada yang bagus, serta memperhatikan bagian Reed karena bisa rapuh seiring berjalannya waktu.

  • Belajar Nada dan Membaca Tabulasinya

Meski hanya memiliki lubang-lubang yang terlihat sama, namun setiap lubangnya dapat menciptakan tangga nada yang berbeda. Untuk itu Anda harus mengetahui nada yang dihasilkan setiap lubangnya. Berikut adalah rinciannya.

  • Lubang 4 menghasilkan nada Do saat ditiup, nada Re saat dihisap.
  • Lubang 5 menghasilkan nada Mi saat ditiup, nada Fa saat dihisap.
  • Lubang 6 menghasilkan nada Sol saat ditiup, dan La saat dihisap.
  • Lubang 7 menghasilkan nada Si saat dihisap, dan Do pada saat ditiup.
  • Lubang lainnya memberikan efek spesial.

Setelah mengetahui nada-nada pada harmonika, Anda juga harus bisa membaca tabulasi. Berikut adalah tabulasi dasar yang dapat dengan mudah Anda pelajari:

  • Panah ke atas berarti menghembuskan napas, panah ke bawah berarti menarik napas.
  • Angka melambangkan lubang, biasanya dimulai dari sebelah kiri dan terus naik.
  • Garis miring dan tanda kecil menandakan adanya teknik lanjutan. Jika terdapat garis miring diagonal berarti bending nada. Tanda chevron berarti tidak perlu menahan tombol.
READ  6 Games Terbaru Untuk Handphone Android

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More