Home Tips 3 Alat Musik Tradisional Yang Harus Anda Ketahui

3 Alat Musik Tradisional Yang Harus Anda Ketahui

by Beverley Kennedy
3 Alat Musik Tradisional Yang Harus Anda Ketahui

Tanah air kita dikaruniai dengan keanekaragaman budaya yang sangat luar biasa. Salah satu wujud dari hasil kebudayaan adalah alat musik tradisional. Ini  menjadi berkah tersendiri bagi kita penerus bangsa ini. Tugas kita adalah melestarikannya. Nah, berikut di bawah ini sepintas dijelaskan 3 alat musik tradisional yang harus anda ketahui.

3 Alat Musik Tradisional Yang Harus Anda Ketahui

Alat musik yang merupakan warisan para leluhur sebenarnya banyak sekali jenisnya. Alat musik tradisional ini tersebar di berbagai daerah di tanah air. Dengan berbagai bentuk dan karakteristik yang tentu saja mempunyi keunikan masing – masing.

  • Calung

Ini adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Calung terbuat dari bambu yang dibentuk atau dibelah sebagian kemudian disusun berderet. Tiap bambu memiliki panjang yang berbeda dengan bunyi yang berbeda. Cara memainkannya dengan cara dipukul. Calung dimainkan oleh beberapa orang dengan dikombinasikan dengan seni lawakan segar dari pemainnya.

  • Kacapi

Ini juga berasal dari Jawa Barat. Ciri khasnya adalah suaranya yang indah ketika dipetik. Kacapi ini mempunyai senar layaknya gitar. Bagian inilah yang dipetik dan menghasilkan suara. Kacapi terdiri dari 2 jenis yaitu :

Berdasarkan bentuknya kacapi terbagi 2 yaitu :

Kacapi parahu yaitu merupakan kotak resonansi yang bagian bawahnya tidak ditutup sebagai tempat keluarnya suara. Kenapa disebut parahu (perahu, bahasa Indonesia) karena bagian sisinya badannya dibentuk sedemikian rupa menyerupai parahu.

Kacapi siter yaitu merupakan kotak resonansi dengan bagian bawahnya tidak ditutup tapi dengan badan bagian atas dan bawah yang datar atau rata membetuk trapesium. Seperti halnya kacapi parahu bagian bawahnya terbuka difungsikan untuk mengeluarkan suara.

Selain dari bentuknya, kacapi juga terbagi 2 berdasarkan fungsinya yaitu :

Kacapi indung

Indung dalam bahasa Indonesia berarti ibu. Ini artinya bahwa kacapi jenis ini adalah kacapi yang menjadi pusat komposisi musik, menjadi pemimpin yang memberikan intro, bridges dan interlude. Alat inilah jugalah yang memberikan tempo.

Jumlah senar kacapi ini adalah 18 atau 20 senar.

Kacapi rincik

Kacapi ini berfungsi ornamen dengan mengisi komposisi melalui nada – nada dengan frekuensi tinggi.

Jumlah senarnya adalah 15 senar.

  • Canang

Alat musik tradisional ini berasal dari daerah Aceh. Bentuknya seperti  Bonang dari Jawa. Canang biasa disebut juga Canang Trieng, Teganing atau juga Kecapi. Untuk membunyikannya atau menggunakannya dengan cara dipukul. Fungsi canang ini digunakan alat music pengiring tarian. Atau dulu biasa juga digunakan sebagai penghibur anak gadis yang sedang berkumpul.

Sebenarnya masih banyak alat musik tradisional lainnya. Tapi mudah – mudah dengan mengetahui 3 diantaranya akan membangkitkan keinginan anda untuk mengetahui dan melestarikan yang lainnya.

See also  Gasing Sebagai Permainan Tradisional yang Perlu Dilestarikan

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More