Home Aneka Hobi 10 Manfaat Positif Dibalik Hobi Membaca

10 Manfaat Positif Dibalik Hobi Membaca

by Beverley Kennedy

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa Membaca merupakan hobi yang tidak terlalu asyik. Namun, varian bacaan yang kini semakin menarik membuat kegiatan membaca cukup banyak dilirik. Mulai dari novel dan komik dalam bentuk buku hingga via online seperti webtoon dan wattpad.  Hal tersebut tentu menjadi awal yang bagus. Karena ternyata terdapat banyak manfaat positif dibalik hobi membaca sebagaimana uraian berikut ini:

10 Manfaat Positif Dibalik Hobi Membaca

  1. Menambah pengetahuan

Hasil dari membaca tentu saja berupa pengetahuan. Sebab, saat membaca otak akan penuh dengan aneka informasi baru. Pengetahuan-pengetahan yang diperoleh bisa dijadikan sebagai bekal kehidupan.

  1. Mencegah alzheimer

Kecenderungan terkena penyakit pikun atau alzheimer bisa diturunkan dengan aktivitas membaca. Hal ini dikarenakan saat membaca kemampuan mengingat Anda akan terasah seperti mengingat karakter, sejarah, plot, juga latar belakang cerita.

  1. Meningkatkan kapasitas memori otak

Ternyata, Setiap Anda membaca sesuatu, maka otak akan membuat satu ruang baru sebagai guna menyimpannya. Hal tersebut tentu saja akan membuat kapasitas memori otak terus bertambah atau meningkat.

  1. Memperluas cakrawala

Anda pasti sudah tak asing dengan istilah buku adalah jendela dunia. Karena, cukup dengan duduk di rumah sambil membaca Anda bisa mengetahui hal-hal yang ada di belahan dunia ini. Hingga Anda bisa mengetahui sistem politik di Amerika atau kebudayaan di Korea dan lain-lain.

  1. Membantu kemampuan berpikir analitis

Saat membaca, yang Anda cermati pastilah alur dan karakter ceritanya. Nah, inilah yang mampu menambah kemampuan berpikir Anda. Jika Anda sering menganalisis detail dan plot di buku yang telah dibaca Anda akan mampu berpikir kritis.

  1. Menurunkan tingkat stres

Membaca dapat memulihkan stress karena rutinitas kerja, kuliah, atau karena hal lain. Membaca artikel atau buku favorit bisa membuat Anda terhanyut ke dalamnya hingga melupakan stres Anda. Selain itu, Membaca juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan memberi ketenangan batin.

  1. Memperluas kosakata
READ  Beragam Boneka Beruang yang Cocok Anda Jadikan Hadiah di Momen Istimewa

Semakin banyak yang dibaca, maka Anda juga akan menambah kosakata baru yang dipelajari seperti menambah pengetahuan bahasa asing. Sehingga hal tersebut bisa membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari ketika tengah berkomunikasi.

  1. Meningkatkan karir

Orang yang hobi membaca dengan pengetahuan yang luas tentu lebih mudah diterima kerja. Jika dibandingkan dengan yang tidak suka membaca dan ketinggalan informasi-informasi terbaru yang sedang terjadi. Mereka pun akan lebih mudah bergaul dengan banyak orang.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Perhatian Anda Saat membaca akan terfokus pada bacaan tersebut sehingga mampu meningkatkan daya konsentrasi. Sebelum berangkat kerja atau kuliah Cobalah membaca sekitar 15-20 menit, maka saat beraktivitas Anda akan lebih fokus.

  1. Hiburan gratis

Kini, membaca tak hanya bisa dilakukan dengan membawa buku tetapi cukup dengan beberapa aplikasi yang tersedia di smartphone. Hal ini akan memudahkan Anda untuk tetap membaca banyak hal tanpa perlu merasa berat akan bobot buku. Pilihan bacaan yang tersedia dalam aplikasi-aplikasi juga beragam mulai dari bacaan ringan yang menghibur pada genre novel percintaan, hingga hal-hal mengenai fashion bahkan leadership dan masih banyak lagi.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More